Menu

10 Buku Paling Berpengaruh Bagi Umat Manusia

December 30, 2016 - DUNIA
10 Buku Paling Berpengaruh Bagi Umat Manusia
Topik berikut ini bisa jadi merupakan hal yang subjektif, dan kami juga sangat menyadari bahwa mungkin saja dari urutan atau dari daftar yang masuk bisa menimbulkan perdebatan bagi yang membacanya. Namun kami berusaha membuat daftar yang ada berdasarkan netralitas yang ada.

1. The Bible – Berbagai Penulis ( Sekitar Tahun 30 M – 90 M )

Tak diragukan Alkitab atau buku suci bagi penganut agama Kristen di dunia telah mengubah secara besar-besaran pandangan umat manusia di dunia ini. Tak kurang telah ditulis sejak 2000 tahun yang lalu, buku ini telah mengubah secara besar-besaran masyarakat kerajaan Roma dari penganut Paganisme menjadi Kristiani. Sejak itu Kristen telah menjadi penganut terbesar di dunia ( kurang lebih 2,1 penganut ).

Pertama dan terbesar dari ajaran ini adalah Katolik Roma yang penganutnya mencapai 1,05 milyar. Jumlah ini sebanding dengan pecahan-pecahan kristen lainnya jika digabung.

The Bible atau Alkitab juga menjadi buku terlaris sepanjang masa.

2. The Qur’an – Berbagai penulis ( Sekitar tahun 650 M – 656 M )

The Qur’an atau Al-Qur’an merupakan buku suci bagi penganut agama Islam. Nabi Muhammad yang menyebarkan agama ini dikatakan mendapatkan penglihatan dan bertemu dengan Malaikat Gabriel. Awal mulanya penyebaran atau pengetahuan akan Al-Quran ini hanya disebarkan melalui mulut ke mulut. Hingga 20 tahun kemudian setelah kematian Nabi Muhammad akhirnya pengetahuan ini dibukukan.

Al-Quran diakui oleh kaum Muslim sebagai Kitab terakhir yang turun ke dunia ( setelah Perjanjian lama dan baru dari umat Kristen )

3. The Summa Teologica – St.Thomas Aquinas ( 1265 – 1274 ) 

Summa Teologica merupakan buku multi volume yang berisikan uraian dan doktrin serta keyakinan agama Kristen. Buku ini mendapatkan pengakuan yang tinggi dalam konsili Trent ( 1545-1563 ). Pengaruhnya juga dapat dirasakan di seluruh dunia dan di pergunakan hingga hari ini.

Summa Teologica merupakan buku panduan yang digunakan di berbagai seminari-seminari Katolik Roma dan penulisnya, St.Thomas Aquinas dianggap sebagai pujangga Gereja ( St. Thomas Aquinas merupakan satu diantara hanya 33 pemikir besar dalam sejarah Kristiani ).

4. The Rights of Man – Thomas Paine ( 1791 ) 

Paine, seorang penulis asal Inggris yang memiliki pengaruh besar atas demokrasi Amerika dan Demokrasi secara umum. Hal tersebut dapat dilihat secara jelas dari tulisan-tulisan yang telah di publikasikannya sepanjang hidup. Menurut Paine tujuan utama dari pemerintah adalah untuk melindungi hak-hak azasi manusia. Dalam setiap perlindungan terhadap hak-hak tersebut, lembaga-lembaga yang menentang hal tersebut menjadi tidak sah atau tidak lagi berlaku.

Hal tersebut termasuk didalamnya adalah kaum bangsawan dan militer yang dimasa itu kerap menjadi pelanggar hak azasi manusia.

Saat revolusi Prancis pecah, Paine juga pergi ke Prancis yang mana meskipun dirinya tidak trampil berbahasa Prancis namun dirinya terpilih menjadi National Konvension. Penerbitan bukunya tentang Hak-hak azasi manusia menimbulkan kehebohan besar saat itu di negara-negara Eropa.

Paine kemudian diadili karena kaum bangsawan saat itu merasa terancam eksistensinya dan melakukan fitnah keji terhadap dirinya.

5. Either / Or – Soren Kierkegaard ( 1843 ) 

Either / Or merupakan buku pandangan kehidupan yang terdiri dari dua jilid. Jilid pertama berisikan hedonistik dan jilid kedua berisikan Tugas dan Tanggung Jawab. Setiap buku ini memiliki tokoh fiksi dalam setiap jilidnya. Sebagai contoh Pandangan hidup estetika ditulis dalam bentuk esai pendek dengan citra puitis dan sindiran.

Sementara dalam pandangan etis ditulis dengan dua huruf sebagai simbol utama dan berisikan argumentatif serta pengendalian diri, membahas tanggung jawab moral.

Buku ini meraih kepopuleran di masa lalu, namun belum memiliki terjemahan bahasa Inggris hingga tahun 1944. Buku filsafat kehidupan ini mungkin bisa jadi merupakan buku filsafat yang paling berpengaruh di sepanjang eksistensi manusia.

6. Communist Manifesto – Karl Marx dan Friederich Engels ( 1848 )

Buku ini dituliskan oleh dua ahli teori komunis terbesar yaitu Karl Marx dan Friederich Engels. Buku ini telah menjadi buku politik paling berpengaruh dalam sejarah. Communist Manifesto menyarankan agar kaum Proletar ( kelas pekerja ) untuk melakukan revolusi menggulingkan pemerintah borjuis dan pada akhirnya membawa negara kearah tanpa kelas atau tidak membeda-bedakan.

Kutipan paling terkenal dari buku ini adalah Komunis tidak akan menutup-nutupi pandangan politik dan tujuan politik mereka. Mereka secara terbuka menyatakan bahwa tujuan mereka hanya bisa dicapai oleh penggulingan paksa.

7. Experimental Research in Electricity – Michael Faraday ( 1855 )

Faraday adalah seorang ahli kimia dan fisikawan asal Inggris yang banyak melakukan percobaan tentang listrik. Faraday pula lah yang akhirnya menemukan perangkat rotary elektromagnetik yang membentuk dasar teknologi motor listrik.

Bisa dikatakan penemuan ini sangat fenomenal mengingat Faraday hanya sedikit mendapatkan pendidikan formal bahkan dirinya mengakui kalau dirinya buta akan matematika seperti kalkulus. Namun hal itu tidak menghentikan dirinya menjadi salah satu ilmuwan paling berpengaruh di sepanjang sejarah.

Penemu yang rendah hati ini menolak gelar ksatria dari pemerintah Inggris serta menolak untuk menjadi Presiden Royal Society, perkumpulan para ilmuwan di Inggris.

Faraday meninggal dirumahnya di Hampton Court pada tanggal 25 Agustus 1867 dan dimakamkan di Sandemanian Highgate Cemetary.

8. On the Origin of Species – Charles Darwin ( 1859 )

Buku berpengaruh ini merupakan karya dari Charles Darwin dibidang evolusi biologi. Menurutnya setiap mahluk hidup mengalami perubahan secara kontinue dari waktu ke waktu melalui seleksi alam. Sejak penerbitannya buku ini telah mengundang kontroversi karena bertentangan dengan pandangan agama.

Buku Darwin ini adalah kumpulan dari bukti-bukti yang didapatkannya dari pelayaran Beagle pada tahun 1830 dan diperluasnya dengan melakukan berbagai penelitian mendalam.

Buku ini merupakan salah satu buku paling kontroversial yang telah mengundang banyak diskusi dan debat di zamannya. Teori evolusi sendiri sebenarnya telah ada dan berkembang sebelum Darwin menerbitkan bukunya tersebut. Namun seleksi alam dipandang sebagai model ilmiah yang paling banyak diterima dan mampu menjelaskan bagaimana setiap spesies bisa berevolusi.

Kontroversi tentang evolusi dan seleksi alam bahkan masih terasa hingga saat ini di era modern.

9. The Second Sex – Simone de Beauvoir ( 1949 )

The Second Sex adalah karya paling terkenal dari Simone de Beauvoir yang menulis buku ini berdasarkan pengalamannya sendiri. Hal pertama yang ditulisnya adalah bahwa dirinya adalah seorang wanita dan dia merasa perlu untuk mendeskripsikan apa dan bagaimana seorang wanita tersebut.

Buku ini secara garis besar menggambarkan tentang perlakuan terhadap para wanita sepanjang sejarah dan hingga kini telah mendapatkan pengakuan sebagai karya feminis utama di dunia. Di bukunya, Simone de Beauvoir berpendapat bahwa wanita sepanjang sejarah telah di defenisikan sebagai ” berbeda ” dibandingkan pria.

Simone de Beauvoir yang juga merupakan pelopor dari gerakan feminis berpendapat bahwa kaum perempuan secara historis telah dianggap menyimpang dan abnormal.

10. Atlas Shrugged – Ayn Rand ( 1957 )

Atlas Shrugged adalah karya terakhir dari Ayn Rand sebelum ia mencurahkan waktunya menulis buku-buku filosofis. Buku ini berisi berbagai tema utama yang nantinya menjadi inti dari seluruh filosofinya, Obyektifisme.

Buku ini sangat populer, bahkan dalam sebuah polling yang dilakukan untuk memilih novel terbaik abad 20 yang dilakukan oleh Modern Library, Atlas Shrugged terpilih menjadi yang teratas.

Ayn Rand bahkan memiliki banyak pengikut di dunia, pasangan selebritis Brad Pitt dan Angelina Jolie juga merupakan pengikut setia dari penulis buku ini. Bahkan dalam waktu dekat dikabarkan kedua pasangan tersebut akan membawa Atlas Shrugged ke layar perak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *