Menu

10 Hal Luar Biasa di Bumi

January 3, 2017 - ALAM
10 Hal Luar Biasa di Bumi
Bumi merupakan planet yang luar biasa dengan banyak habitat dan mahluk hidup yang hingga kini bahkan belum teridentifikasi oleh para ilmuwan. Diantara hewan atau mahluk-mahluk hidup di bumi ada beberapa yang memiliki kemampuan menakjubkan. Memberikan kita pandangan baru tentang apa dan bagaimana sebenarnya kehidupan di bumi ini sebenarnya.

Dalam daftar kami berikut ini, kami akan mengulas tentang 10 hal-hal luar biasa yang terjadi di bumi…

10. Mahluk Hidup yang bertahan dalam panas ekstrim 

Pada kedalaman 3 km laut Atlantik para peneliti menemukan udang di tepi cairan mengepul inti bumi. Hal ini belum pernah dan tak terduga sebelumnya. Peristiwa ini cukup mengejutkan kalangan ilmuwan karena suhu yang ada di sekitar daerah tersebut mencapai 80 derajat celcius, hampir mendekati titik didih.

Para ilmuwan kini sedang mempelajari bagaimana spesies yang mirip udang tersebut mampu bertahan dalam suhu ekstrim tersebut.

9. Migrasi terjauh – 70.000 km

Para ilmuwan memetakan migrasi dari jenis burung Shearwater dengan bantuan satelit dan hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata rombongan migrasi burung tersebut mencapai jarak terjauh 70.000 km. Rute migrasi burung ini dilakukan mulai dari Selandia Baru di Polinesia dan sampai ke Jepang, Alaska dan California. Setelah itu kembali lagi ke Selandia Baru !

Hal tersebut belum cukup mengejutkan karena ternyata setelah ditelusuri mereka melakukannya hanya dalam tempo 200 hari atau dengan kata lain sehari mereka melakukan perjalanan sejauh 350 Km.

8. Titik terendah di bumi 420 meter ( 1378 kaki ) dibawah permukaan laut ( Lahan kering )

Laut mati pada dasarnya adalah sebuah danau yang memiliki kandungan garam terbanyak di dunia yang berada di Tepi barat dan Israel bagian barat serta Yordania sebelah timur. Pantainya adalah titik terendah di permukaan bumi berada pada ketinggian 330 meter di bawah permukaan laut.

7. Titik terendah di bumi – 2555 meter ( Lahan basah )

Untuk kategori titik terendah di bumi yang berada di permukaan laut adalah palung subglasial Bentley. Hingga hari ini daerah ini belum terjelajah sama sekali oleh manusia karena tertutup oleh tebalnya es yang meliputi daerah tersebut.

6. Daerah yang mengalami penurunan tanah sepanjang waktu

Danakil depresi adalah daerah sepanjang Rift besar di mana kerak bumi telah membentang dan menipis dan tanah telah tenggelam waktu ke waktu untuk 371 kaki di bawah permukaan laut, salah satu titik terendah di permukaan bumi. Berikut kerak bumi cukup tipis bahwa permukaan lahan baru terus-menerus diciptakan oleh lava baru yang merembes ke atas. Air juga merembes ke bawah, akan dikeluarkan lagi sebagai uap. kerucut vulkanik yang pemandangan umum, seperti retak jauh di dalam bumi. Ratusan gempa kecil mengejang daerah setiap tahun.

5. Vertikal drop 

Gunung Thor adalah sebuah gunung di Auyuittuq Taman Nasional, di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Gunung ini memiliki penurunan murni vertikal terbesar Bumi pada sudut 105 derajat. Lokasi ini populer dengan pendaki karena fitur ini, meskipun keterpencilan. Hal ini juga disebutkan dalam lagu Led Zeppelin: No Quarter.

4. Sarang tertinggi di dunia

The Marbled Murrelet adalah burung laut kecil dari Pasifik Utara. Burung ini memiliki kebiasaan bersarang di pohon yang sangat tinggi.The Marbled Murrelet, bersama-sama dengan erat panjang-ditagih Murrelet dan Kittlitz ini Murrelet telah baru-baru dianggap terancam. penurunan mereka dan hubungan dengan hutan telah membuat mereka spesies unggulan dalam gerakan pelestarian hutan.

3. Curah hujan tertinggi dalam satu menit 3,9 cm / 1,5 inchi

Guadeloupe merupakan negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia bagian timur pada 16 ° 15? N, 61 ° 35? W, dengan luas tanah 1.628 kilometer persegi (629 sq. Mi). Daerah ini berada pada pengawasaan pemerintahan Prancis. Pada tanggal 26 November 1970 menerima rekor sebagai daerah dengan curah hujan tertinggi dalam satu menit.

2. Hewan paling berbisa di dunia, Taipan Snake.

Taipan adalah ular terbesar, tercepat, serta paling berbisa di dunia. Taipan snake memiliki bisa yang mengandung Neurotoksin Presinaptik yang sangat kuat ( racun dalam bisa yang menyebabkan kelumpuhan atau kelemahan otot ).

1. Antartika, Daerah paling dingin, paling berangin, tertinggi dan merupakan gurun terbesar yang ada

Jika kita berbicara tentang rekor dunia maka tak ada yang bisa menandingi Antartika. Daerah di sekitar Antartika sangat ekstrim. Antartika menjadi pemegang rekor untuk daerah terdingin di dunia, daerah yang paling berangin di seluruh dunia, tertinggi dibandingkan seluruh daerah di bumi.

Dengan ketinggian rata-rata 7544 kaki / 2300 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai daerah paling tinggi dibandingkan seluruh daerah lainnya di bumi. Selain itu, walau mayoritas daerahnya tertutup es, namun Antartika hanya sedikit sekali mendapatkan curah hujan. Sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan gurun sahara.

Banyak orang salah mengerti yang menduga kalau gurun itu sudah dipastikan panas, kering, berpasir, tempat tak ada kehidupan. Namun menurut defenisi aslinya gurun adalah setiap lokasi yang hampir tidak ada hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *