Menu

10 MONSTER LAUT PRA-SEJARAH PALING MENAKUTKAN

December 24, 2016 - MITOS
10 MONSTER LAUT PRA-SEJARAH PALING MENAKUTKAN

10 MONSTER LAUT PRA-SEJARAH PALING MENAKUTKAN

Dewasa ini masih terdapat beberapa orang yang masih takut dengan laut patut dimengerti mengingat di laut terdapat banyak mara bahaya seperti barakuda, hiu, cumi-cumi yang berukuran jumbo dan mungkin ubur-ubur beracun.

Namun apapun bahayanya saat ini di laut modern, hal itu akan menjadi tampak tak ada artinya apabila kita melihat jauh ke belakang di zaman pra-sejarah yang dipenuhi teror dari mahluk-mahluk raksasa yang berkeliaran di lautan.

Kadal raksasa bawah laut, hiu raksasa dan bahkan paus carnivora. Untuk jenis-jenis ini mungkin manusia pun tidak memenuhi syarat menjadi santapan mereka, mungkin hanya sebagai cemilan saja.

Nah berhubungan dengan hal tersebut, berikut ini adalah daftar 10 besar monster laut yang pernah menguasai dan merajai lautan di bumi berjuta-juta tahun yang lalu di zaman pra-sejarah. Selamat menikmati….

10. Megalodon

Dari seluruh daftar yang ada mungkin mahluk inilah yang paling terkenal di dunia, Megalodon. Pada dasarnya Megalodon adalah seekor Hiu yang mirip dengan Hiu putih ( Great White Shark ) di era modern ini, namun bedanya yang satu ini berukuran luar biasa besar.

Megalodon menurut fosil yang telah ditemukan berukuran 18 meter ( 59 feet dan bahkan dipercaya bisa mencapai ukuran maksimal 30 meter ) dan memiliki ukuran gigi yang sebesar 7,1 Inchi.

Megalodon hidup 25 – 1,5 juta tahun yang lalu dan senang hidup di perairan hangat. Fosil Megalodon di temukan di daerah Carolina Utara.

9. Liopleurodon

Liopleurodon merupakan carnivora laut yang termasuk jenis reptil yang hidup di zaman jurassic. Para saintis dan ilmuwan hingga kini masih memperdebatkan ukuran maksimal dari hewan pra – sejarah ini ( ada yang mengklaim ukuran maksimalnya 50 kaki ) namun disepakati bahwa ukurannya dapat mencapai 20 kaki.

Menurut ilmuwan walau Liopleurodon tidak sangat cepat, namun memiliki kemampuan bermanuver atau kelincahan yang sangat baik dalam memburu mangsanya. Fosilnya ditemukan di Rusia, Inggris dan Jerman.

8. Basilosaurus

Basilosaurus yang berarti raja kadal merupakan genus dari paus awal yang hidup di masa Eocene sekitar 40 hingga 34 juta tahun yang lalu. Fosilnya pertama sekali ditemukan di Amerika Serikat .

Basilosaurus berukuran raksasa yang sangat luar biasa besar sekitar 15 – 18 meter. Bukti yang ditemukan baru-baru ini menunjukkan basilosaurus tidak memiliki kemampuan kognitif maupun echolocate seperti paus modern sehingga tidak mampu menyelam di lautan dalam. Namun Basilosaurus telah menjadi mahluk laut yang pernah berjaya menguasai lautan hingga akhirnya punah sekitar 66 – 15 juta tahun yang lalu.

Fosil dari Basilosaurus ditemukan di Mississippi dan Alabama

7. Jaekelopterus

Jaekelopterus merupakan hewan laut yang telah punah dan merupakan genus dari scorpio laut. Diperkirakan hewan ini hidup dan menguasai lautan sekitar 390 juta tahun yang lalu. Ukuran tubuhnya dapat mencapai panjang 2,5 meter dan merupakan anthropoda terbesar yang pernah di ketahui.

Hewan ini mirip seperti kalajengking modern dewasa ini memiliki ekor yang membantu mereka dalam melakukan serangan. Fosil dari Jaekelopterus ditemukan di derah Jerman.

6. Mauisaurus

Mauisaurus diambil dari nama Dewa dari suku Maori, Selandia Baru, Maui yang menurut legenda menarik kepulauan Selandia Baru naik dari dasar laut menggunakan pancingan. Dari sini saja sudah ketahuan kalau mahluk ini berukuran besar dengan lehernya yang panjang.

Dan memang seperti itu Mauisaurus memiliki ukuran leher sepanjang 49 kaki dan panjang keseluruhan tubuhnya 66 kaki. Hewan ini hidup dimasa akhir period Cretaceous antara 80 hingga 69 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Selandia Baru.

5. Dunkleosteus

Dunkleosteus merupakan salah satu predator laut yang pernah hidup di bumi, berukuran sangat besar maksimal diperkirakan sepanjang 30 kaki dan memiliki perisai untuk melindungi bagian-bagian organ vitalnya seperti kepala, mata, insang, punggung dan dadanya. Bagian yang unik dari predator ini adalah tidak adanya gigi, sebagai gantinya terdapat beberapa bilah tajam seperti kapak di bagian depan mulutnya yang digunakan untuk mengunci ketika mulutnya tertutup.

Dunkleosteus yang diambil dari nama seorang peneliti Amerika Serikat yang menemukan hewan ini, Dr. David Dunkle merupakan predator yang hidup di zaman devonian ( 360 – 380 juta tahun yang lalu ) . Fosilnya ditemukan di Amerika Serikat, Polandia, Belgia dan Maroko dan merupakan predator utama di eranya.

4. Kronosaurus

Kronosaurus adalah jenis Pliosaurus lainnya yang berleher pendek seperti Liopleurodon ( nomor 9 ) dan memang mirip dengan Liopleurodon memiliki panjang tubuh yang mencapai 9 – 10,5 meter ( 30 – 34 kaki ) dan memiliki deretan gigi yang luar biasa sebesar 11 inchi. Itulah sebabnya dinamakan Kronosaurus yang diambil dari Cronus raja para Titan Yunani Kuno.

Fosil dari predator mematikan ini dapat ditemukan di Australia dan Kolombia dan diperkirakan hidup pada masa awal Cretaceous.

3. Helicoprion

Predator jenis Hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang 15 kaki dan hidup di zaman Permian sekitar 290 juta tahun yang lalu dan punah pada masa awal Triassic, 250 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Helicoprion merupakan salah satu hiu prasejarah yang memiliki struktur rahang unik.

Rahangnya terdiri dari gigi-gigi yang seperti gergaji, walau berbeda dengan hiu-hiu saat ini namun memiliki kesamaan dengan kerabatnya tersebut yang juga dapat menanggalkan giginya untuk diganti dengan yang baru.

2. Livyatan Melvillei

Ingat di awal kami menyebutkan Paus Carnivora ? inilah yang kami maksudkan Livyatan Melvillei merupakan pemangsa Paus lainnya dilautan. Hidup di zaman Miocene sekitar 12 hingga 13 juta tahun yang lalu. Ukuran tubuhnya dapat mencapai seukuran Paus Sperma, 13 – 17 meter.

Livyatan hidup dilautan yang sama dengan Megalodon dan bersama dengan hiu pemangsa terbesar yang pernah ada tersebut mereka merupakan puncak dari rantai makanan di masa itu. Satu hal yang menjadi keunggulan dari Lvyatan adalah giginya, yang merupakan gigi terbesar yang pernah ada berukuran 36 cm.

  1. Ikan Pari Raksasa

Giant Stingray berada di urutan teratas hewan prasejarah ini karena hingga saat ini masih eksis dan hidup di bumi. Hewan ini merupakan pari raksasa air tawar yang hidup di sungai-sungai besar indochina dan kepulauan Kalimantan.

Pari raksasa ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 1,9 meter ( 6,2 feet ) dan berat mencapai 600 kilogram.