Menu

Mari Bertemu Dengan 25 Pemimpin Kerajaan di Dunia

February 8, 2017 - DUNIA
Mari Bertemu Dengan 25 Pemimpin Kerajaan di Dunia

Di masa demokrasi yang semakin umum digunakan oleh hampir banyak negara di dunia, ternyata masih ada beberapa negara yang masih menganut negara kerajaan dengan Inggris yang paling terkenal. Namun tahukah anda kalau sebenarnya ada total 26 negara monarki di dunia ini ? seluruh negara monarki ini dipimpin oleh berbagai gelar yang menakjubkan seperti Raja, Ratu, Sultan, Kaisar dan bahkan Emir.

Inggris menjadi negara kerajaan dengan pengaruh yang amat besar terhadap negara-negara lainnya. Total 16 negara termasuk Kanada dan Australia yang secara teknis masih terkait cukup erat dengan kerajaan Inggris. Berikut ini kita akan mengadakan tour keliling dunia menemui 25 pemimpin-pemimpin kerajaan di dunia.Kami akan membaginya menjadi tiga bagian, pemimpin kerajaan sekaligus pemimpin pemerintahan, pemimpin kerajaan yang memiliki kekuasaan seimbang dengan pemimpin pemerintahan, serta pemimpin kerajaan yang saat ini hanya berfungsi sebagai simbol negara saja, terlepas dari seluruh urusan pemerintahan.

I. Pemimpin Kerajaan dan Pemimpin Pemerintahan

1.Arab Saudi

Saudi Arabia adalah negara yang menganut monarki Absolut yang menjadikan Raja Salman dari Arab Saudi sebagai Raja sekaligus Perdana Mentri-nya. Keluarga kerajaan dari Arab Saudi harus berasal dari keluarga kerajaan Saud, dan seorang raja akan memilih kabinet-kabinetnya termasuk diantaranya anggota keluarga kerajaan lainnya.

2. Kuwait

Sabah Ahmed al-Sabah merupakan pemimpin tertinggi negara Kuwait yang disebut Emir. Saat ini berusia 87 tahun. Dirinya memerintah sejak tahun 2006, mengambil alih tahta dari Emir sebelumnya yang meninggal dunia.

3. Qatar

Emir Tamim bin Hamad al-Thani merupakan pemimpin yang naik tahta pada tahun 2013 lalu setelah ayahnya meninggal dunia. Keluarga Al-Thani merupakan keluarga yang amat berpengaruh bukan hanya sebagai pemimpin tertinggi namun juga sangat kaya raya. Negara ini merupakan negara pengekspor utama minyak dunia. Keluarga Al-Thani telah memerintah semenjak tahun 1825 dan telah berulang kali terjadi perebutan kekuasaan hingga awal abad 20.

4. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara mungil di daerah Arab, dan hanya memiliki tujuh distrik yang keseluruhan distrik ini dipimpin oleh seorang keluarga kerajaan bergelar Emir. Secara tradisi, Emir dari Abu Dhabi juga merupakan ketua federasi Emir di Uni Emirat Arab. Hari ini pemimpin tertingginya adalah Khalifa bin Zayed al-Nahyan yang naik tahta sejak tahun 2004. Emir Al-Nahyan sangat kaya raya dan di estimasi total kekayaannya berkisar $ 5 Milyar.

5. Swaziland

Raja Mswati III merupakan pemimpin tertinggi negara kecil dibagian selatan benua Afrika ini. Raja Mswati III naik tahta menggantikan ayahnya sejak berumur 18 tahun pada 1986. Gelar kehormatannya adalah Ngwenyama yang berarti Singa.

6. Brunei Darussalam

Sultan Hassanal Bolkiah telah menjadi pemimpin tertinggi di negara tetangga kita sejak tahun 1967, dan dirinya bertanggung jawab penuh atas pengangkatan pembantu-pembantunya di kabinet termasuk diantaranya lembaga legislatif serta lembaga sharia. Hassanal Bolkiah menempati sebuah istana yang disebut-sebut terbesar di dunia yang memiliki total 1800 kamar, yaitu Nurul Iman

7. Oman

Sultan Qaboos bin Said telah menjadi kepala pemerintahan sekaligus pemimpin tertinggi negara Oman, sejak dirinya mengakuisisi tahta ayahnya pada tahun 1970. Keluarganya telah menjadi keluarga kerajaan sejak tahun 1700-an walaupun di tahun 1800-an mengalami kekalahan dalam perang yang mengakibatkan kehilangan wilayahnya di Afrika Timur.

8. Bahrain

Keluarga Al-Khalifa yang merupakan Islam Sunni telah memerintah kerajaan Bahrain sejak tahun 1783. Pemegang tahtanya saat ini Hamad bin Isa al-Khalifa menjadi Raja sejak tahun 1999 dan pada tahun 2002 lalu mengubah titelnya dari Emir menjadi Raja.

9. Jordania

King Abdullah II merupakan pemimpin tertinggi kerajaan Jordania sejak tahun 1999, dan walaupun secara teknis bukan merupakan pemimpin pemerintahan karena Jordan memiliki perdana menteri namun tak dapat dibantah kekuatan dari King Abdullah II dalam kekuatan politik di Jordania. Termasuk diantaranya adalah kemampuan untuk memveto peraturan dan undang-undang yang telah diajukan atau dirumuskan oleh parlemen. Penerusnya adalah putra mahkota, Pangeran Hussein yang kini berusia 22 tahun.

10. Maroko 

Raja Mohammed VI baru-baru ini saja merelakan kekuasaannya dibagi ketika krisis Arab Spring merebak tahun 2011. Walau dirinya masih memiliki kekuatan politik yang sangat besar di Maroko termasuk diantaranya adalah memilih dan menunjuk perdana menteri dan para gubernur namun dirinya tak bisa lagi untuk membubarkan parlemen atau mengadakan pemilu ulang.

11. Vatikan

Ya, Vatikan dengan Paus sebagai kepala pemimpinnya merupakan negara kota dengan sistem kerajaan di Eropa. Jika anda tidak percaya berikut penjelasan videonya….

Kerajaan dengan sistem pemerintahan yang setara

12. Monaco

Prince Albert II telah memerintah di Monaco sejak tahun 2005 dan memegang peranan penting dalam pemerintahan terlepas dari fakta bahwa Monaco memiliki sistem pemilu untuk menetapkan perdana menteri. Memang benar, Prince Albert II dapat menunjuk langsung siapa yang akan menjadi perdana menteri namun hanya berdasarkan tiga pilihan dari kandidat yang lolos dari pemilu.

13. Thailand

Raja Bhumibol Adulyadej telah memerintah sangat panjang, selama 67 tahun dan kini memegang rekor mengalahkan Ratu Elizabeth dari Inggris yang naik tahta sejak tahun 1952. Perannya memang sangat kecil di pemerintahan namun memegang peranan penting dan memiliki kekuatan konstitusi, termasuk diantaranya adalah melakukan veto terhadap keputusan legislasi dan memberikan keringanan kepada penjahat / kriminal.

14. Liechtenstein

Saat ini yang berkuasa di negara kecil di Eropa ini adalah Prince Hans Adam II yang memiliki kemampuan untuk melakukan veto terhadap perwakilan legislator dan membubarkan parlemen. Secara teknis, putranya Prince Alois mulai menggantikan ayahnya, namun Prince Hans Adam II secara resmi masih menjadi kepala negara.

15. Tonga

Raja George Tupou V mengambil alih tampuk kekuasaan dari ayahnya sejak tahun 2006 dan beberapa saat lalu berjanji untuk membagi kekuasaannya dengan perdana menteri yang akan dipilih berdasarkan pemilu. Tonga sebelumnya memang menganut paham monarki absolut, dimana banyak para pejuang demokrasi yang meninggal akibat bentrokan dengan aparat keamanan.

16. Bhutan

Jigme Khesar Namgyel Wangchuk adalah Druk Gyalpo dari Bhutan. Druk Gyalpo berarti Raja Naga menurut bahasa Bhutan. Jigme secara resmi mengambil alih tahta kerajaan sejak tahun 2008, dua tahun setelah ayahnya memutuskan mengasingkan diri. Pengangkatan Jigme menjadi raja mengalami penundaan selama dua tahun untuk memberikan kesempatan kepada Jigme mempelajari sistem administrasi negaranya.

Negara ini baru mengalami reformasi di tahun 1990 yang mengurangi kekuasaan dari seorang raja. Keluarga kerajaan berasal dari dinasti Wangchuk yang baru berusia 100 tahun.

Kerajaan hanya untuk upacara seremonial 

17. Norwegia

King Harald V dari Norwegia memang merupakan figur penting di negaranya namun kebanyakan tugasnya hanya seremonial atau peresmian saja termasuk diantaranya menunjuk kabinet dan perdana menteri, tentunya dengan persetujuan dari parlemen.

18. Swedia

Swedia adalah salah satu diantara hanya sedikit negara kerajaan yang mengizinkan wanita untuk menjadi kepala negara. Hal ini membuka kemungkinan Swedia menjadi negara yang akan dipimpin oleh wanita dimana saat ini Princess Victoria Ingrid Alice kemungkinan besar akan menggantikan ayahnya King Carl XVI Gustaf yang telah memerintah selama 40 tahun.

19. Belanda

Raja Belanda, King Willem-Alexander mengambil alih tahta kerajaan di tahun 2013 lalu setelah ibunya Queen Beatrix menyerahkan tampuk kekuasaan kepada putranya setelah memimpin selama 33 tahun. Keluarga kerajaan Belanda tidaklah menjadi kepala pemerintahan jadi pergantian kekuasaan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada negara tersebut.

20. Spanyol

Raja Spanyol, King Juan Carlos I telah mengalami penurunan kekuasaan, namun dirinya adalah aktor penting terwujudnya sistem demokrasi di Spanyol. Raja Juan Carlos I menjabat sebagai pemimpin di negri matador tersebut setelah diktator sebelumnya, Fransisco Franco menunjuk dirinya sebagai pengganti dirinya. Namun setelah kematian Franco, raja baru tersebut merubah segala sistem dari Franco dan mengubahnya menjadi sistem yang kita kenal saat ini sejak tahun 1978.

21. Greenland

Greenland secara historis merupakan bagian dari wilayah negara Denmark, namun walau demikian mereka memiliki gubernur yang memerintah yang dipilih dari parlemen setempat sejak tahun 1979. Ratu Denmark Margrethe II memang tetap menjadi Ratu dan pemimpin di sana, namun Ratu Margrethe II  telah turun tahta sejak 1972 dan menyerahkan segala urusan kenegaraan kepada putranya Frederik.

22. Luxembourg

Luxembourg menganut sistem yang berbeda dari yang lainnya, mereka menyebut dirinya sebagai negara Grand Duchy bukan kerajaan dan pemimpin tertingginya memiliki gelar sebagai Grand Duke. Saat ini pemimpin negara Luxembourg adalah Grand Duke Henri.

23. Belgia

Raja Philippe dari Belgia telah memerintah selama 56 tahun. Posisinya merupakan posisi paling simbolik dari seluruh negara selain itu sangat penting.

24. Lesotho

King Letsie III mulai berkuasa di Lesotho secara formal pada tahun 1996 dan secara informal pada tahun 1990 ketika ayahnya diasingkan. Dirinya merupakan simbol hidup di negara Lesotho namun secara politik tidak memiliki kekuasaan lagi.

25. Kamboja

Raja Norodom Sihamoni naik menjadi raja pada tahun 2004 menggantikan ayahnya. Namun sistem negara Kamboja tidak menjadikan seorang raja menjadi kepala pemerintahan pula seperti di negara-negara yang umum ada di Arab.

26. Malaysia

Struktur dari lembaga negara di Malaysia sangat unik, dimana setiap daerah-daerah di Malaysia memiliki kepala pemerintahannya sendiri-sendiri yang bergelar Sultan. Setiap lima tahun Sultan-sultan ini memilih seorang abdi yang akan mengabdi kepada Raja. Semenjak tahun 2011, Tuanku Abdul Halim Muadzam Shah merupakan pemimpin tertinggi negara Jiran Malaysia.

27. Jepang

Dinasti Yamato di Jepang merupakan salah satu keluarga kerajaan tertua di dunia dan dapat dikilas balik hingga 660 tahun yang lalu. Kaisar yang berkuasa saat ini adalah Kaisar Akihito yang telah berusia 82 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *