Menu

Mitologi Nordik : Penciptaan Dunia

February 9, 2017 - Mitologi Nordik
Mitologi Nordik : Penciptaan Dunia

Sebelum malam tiba dan sebelum dunia ini tercipta, ada sebuah tempat yang disebut dengan Niflheim. Tempat ini sangat gelap dan dingin karena memang, Niflheim merupakan tempat yang hanya terisi oleh es, salju dan kabut. Niflheim terletak disebelah utara dari Ginunngagap. Ginunngagap adalah sebuah kehampaan, tiada apa pun di sini namun sangat luar biasa luas terhampar dari Utara hingga ke Selatan

Di sebelah Selatan Ginunngagap terdapat sebuah tempat yang dinamakan Muspelheim yang merupakan ladang api, tempat dimana api kekal menurut kepercayaan Nordik berada. Tempat ini sangat panas karena mengandung api, lava dan asap tebal. Muspelheim merupakan tempat tinggal dari raksasa bernama Surtr bersama siluman api ( Fire demons ) dan raksasa api ( Fire giants ) menurut legenda Nordik. Surtr merupakan penguasa dari seluruh Muspelheim.

Dikatakan bahwa di Niflheim ada sebuah tempat yang bernama Hvergelmir, tempat dimana seluruh sungai berasal, dan tempat ini juga merupakan induk dari seluruh 11 sungai.  Hvergelmir dipercaya merupakan tempat awal dan akhir dari seluruh mahluk hidup. Eligavar atau ombak es merupakan sungai pertama yang lahir dari Hvergelmir semenjak zaman penciptaan dimulai. Ombak dari aliran sungai ini menyapu seluruh Hvergelmir membawa seluruh aliran air dari Eligavar, menuruni bukit hingga menuju Ginunngagap. Bangsa Viking percaya, itulah sebab kenapa daerah di utara bumi lebih dingin dibandingkan daerah lainnya di dunia.


Lahirnya Raksasa Pertama

Tepat di sebelah selatan dari Muspelheim, terlempar beberapa lava dan batuan kearah area kehampaan ( Ginunngagap ). Lava dan batuan yang melayang-layang di Ginunngagap ini bertemu dengan hawa dan udara dari Niflheim dan membekukannya. Namun api dari Muspelheim mulai membakarnya sehingga perlahan-lahan lapisan es nya mulai rontok dan membentuk sosok humanoid. Mahluk itulah yang nantinya akan dinamakan Jotun atau Raksasa Ymir.

Dari Jotun, akan melahirkan banyak raksasa-raksasa lainnya. Diceritakan dalam legenda-legenda, Jotun melahirkan para raksasa lainnya dari keringatnya ketika sedang tidur. Keringat dari lengannya melahirkan sepasang raksasa pria dan wanita. Kemudian dari keringat di kakinya menciptakan raksasa lainnya yang dinamakan Thrudgelmir. Inilah merupakan awal dari kelahiran Frost Giant yang seluruhnya juga disebut sebagai Jotun. Mereka tumbuh dan besar berkat seekor Kerbau Raksasa bernama Audhumla yang tercipta dari lelehan es di Ginunngagap.

Kelahiran Odin Berkat Para Raksasa

Menurut legenda, Odin merupakan hasil kreasi dan ciptaan dari Kerbau Raksasa Audhumla. Ketika Audhumla sedang tertidur sesuatu yang aneh terjadi. Di hari pertama batu tempat tidur dari Audhumla mulai membentuk rambut manusia, dihari kedua Audhumla menjilati rambut tersebut dan tumbuhlah rambutnya. Pada hari ketika batuan tersebut membentuk tubuh manusia yang setelah dijilati oleh Audhumla, akhirnya hidup dan menjelma menjadi raksasa lainnya yang disebut dengan nama Buri. Buri adalah Dewa pertama dalam bangsa Nordik, dia sangat besar dan tampan. Dari Buri kelak akan memiliki anak bernama Borr yang memiliki istri bernama Bestla. Dari pasangan Borr dan Bestla melahirkan tiga orang anak bernama Odin, Vili dan Ve

Kematian Ymir

Odin dan dua saudaranya sangat terganggu dengan fakta yang ada bahwa bangsa raksasa terus tumbuh dan berkembang bahkan hingga sangat banyak. Hal ini tidak mengherankan mengingat raksasa ini akan terus lahir berkat keringat dari Ymir atau Jotun. Menurut Odin salah satu cara untuk menghentikan lahirnya raksasa baru adalah dengan membunuh Ymir atau Jotun. Keputusan yang memicu pertempuran yang sangat mengerikan di dunia Aesir. Dan memang mereka berhasil membunuh Ymir, darah pun mengalir deras dari seluruh tubuh Ymir menengelamkan hampir seluruh raksasa di Aesir. Hanya dua raksasa yang berhasil selamat dari pembunuhan ini yaitu Bergelmir dan istrinya. Mereka berhasil menjauh dari area pertempuran yang dashyat tersebut di tanah kegelapan, masa depan dan kehidupan kaum raksasa berharap dari pasangan ini.

Dunia Tercipta

Dunia yang kita kenal ini juga tercipta berkat kematian Ymir. Menurut Mitologi Nordik dunia tercipta dari badan dan rangka Ymir. Setelah mati, bangkai Ymir dibawa oleh ketiga saudara Odin ke tengah Ginunngagap, disinilah dunia tercipta.

The Blood became the Ocean, rivers and lake

Darahnya menjadi lautan, sungai dan airan di bumi

The Flesh became the Land

Dari dagingnya menjadi daratan di bumi

The Bones became the Mountains

Dari tulangnya melahirkan gunung-gunung di bumi

The Teeth was made into Rocks

Dari giginya melahirkan batu-batuan yang berada di bumi

The Hair became the grass and trees

Dari rambutnya menjadi rerumputan dan pepohonan di bumi

The Eyelashes became Midgard

Dari bulu matanya melahirkan Midgard

Ada beberapa bagian tubuh Ymir lagi yang kemudian dilemparkan oleh Odin dan saudara-saudaranya yaitu dari otaknya menjadi kabut, dan dari tulang belulangnya menjadi angkasa yang menutupi seluruh dunia.

Munculnya bangsa Dwarves

Ketika Odin beserta saudara-saudaranya sedang sibuk dalam proses pembuatan dunia dari bangkai dan jenazah Ymir, cacing-cacing yang keluar merayap dari seluruh tubuh Ymir menjadi bangsa Dwarves. Ketiga saudara, Odin, Vili dan Ve memerintahkan kepada 4 orang Dwarves untuk menopang langit dari tulang belulang Ymir, agar tidak jatuh ke bumi. Nama dari keempat Dwarves tersebut adalah

Nordi menjadi penopang langit bagian Utara

Vestri menjadi penopang langit bagian Barat

Sundri menjadi penopang langit bagian Selatan

Austri menjadi penopang langit bagian Timur

Sementara Dwarves-dwarves lainnya, hidup dan berkembang biak di bumi dengan membuat rumah dari batu-batuan dan goa yang disebut Svartalheim. Bangsa Dwarves ini menjadi bangsa yang sangat piawai dalam pertukangan, dan dari merekalah lahir senjata-senjata legendaris para Dewa Dewi Nordik seperti MJOLNIR, THOR Hammer, dan berbagai perhiasaan lainnya.

Matahari dan Bulan

Menurut legenda, Matahari dan bulan merupakan kedua kakak beradik dari seorang manusia bernama Mundilfari. Kedua anak dari Mundilfari ini ketika dilahirkan menunjukkan tanda yang sangat lain daripada yang lain yaitu bersinar amat terang. Terkejut dengan fakta tersebut, Mundilfari pun menamakan kedua anaknya sebagai Mani ( bulan ) dan Sol ( matahari ).

Namun para Dewa murka dengan arogansi dari Mundilfari dalam menamakan anaknya ini, mereka mengambil keduanya dan menaruhnya dilangit. Keduanya mengangkasa dan tergantung dilangit membawa kereta yang ditarik oleh kuda. Sol ditarik oleh dua ekor kuda sementara saudaranya Mani hanya seekor kuda namun Mani kemudian mencuri dua orang anak dari Midgard untuk membantunya menarik kereta, kedua anak tersebut bernama Bil dan Yuki.

Keduanya mengangkasa dan dikejar oleh dua ekor serigala raksasa bernama Skoll ( Iri hati ) dan Hati ( kebencian ) setiap harinya. Pada saatnya nanti kedua serigala ini mampu mendapatkan Sol ( Matahari ) dan Mani ( bulan ) dalam sebuah peristiwa yang disebut RAGNAROK

Siang dan Malam

Siang dan Malam menurut legenda Nordik berasal dari seorang raksasa bernama Norvi yang memiliki dua orang anak perempuan bernama Nott ( night / malam ) dan Dagr ( Day / siang ). Keduanya menaiki sebuah kereta yang ditarik oleh kuda.

Not memiliki kuda bernama Hmirfaxi dan dibelakangnya menyusul saudarinya Dagr yang menaiki kuda bernama Skinfaxi. Keduanya juga dikejar oleh serigala Skoll dan Hati. Dimana cerita keduanya ini memang sedikit membingungkan dan masih diperdebatkan oleh para ahli tentang legenda Nordik.

Sepasang Manusia Pertama 

Suatu hari tiga saudara Odin, Vili dan Ve sedang berjalan-jalan di pantai. Di sana mereka menemukan dua kayu besar satu dari pohon Ash dan satu lagi dari pohon Elm. Odin memberikan kedua pasang kayu tersebut roh dan jiwa, Ve memberikan kemampuan bergerak, pikiran dan kecerdasan. Sementara Vili memberikan kemampuan berbicara, perasaan, dan kelima indra manusia, begitulah awal terciptanya manusia di bumi menurut legenda.

Sebagai yang pria dinamakan Ask dan wanita dinamakan Embla. Para penghuni Dewa khususnya ketiga saudara Odin, Vili dan Ve sepakat memutuskan kalau manusia harus hidup disebuah tempat bernama MIDGARD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *