Menu

Mitologi Nordik : Ragnarok, Akhir dari Dunia

February 9, 2017 - Mitologi Nordik
Mitologi Nordik : Ragnarok, Akhir dari Dunia

Apa itu Ragnarok ?

Bangsa Viking atau dalam Mitologi Nordik mempercayai kalau dunia suatu hari akan berakhir, mereka menyebut peristiwa akhir ini dengan nama Ragnarok. Peristiwa ini adalah terjadinya peperangan para Dewa Dewi dan siapapun itu termasuk manusia tanpa terkecuali akan mengalami kematian. Ragnarok akan menjadi pertempuran terakhir ( Final Battle ) antara Aesir melawan Giants yang akan berlangsung di sebuah tempat yang dinamakan Vigrid.

Dalam peperangan tersebut, dinding pembatas Asgard, rumah dari para Dewa Dewi Aesir akan terbakar oleh Surtr si raksasa api. Peristiwa ini akan bertambah dengan semburan racun, air dan kibasan ekor dari Ular raksasa yang selama ini mendiami lautan di Vigrid Plains. Serigala kekal atau Fenrir yang selama ini terbelenggu rantai surgawi, akan melepaskan dirinya dan mulai mengobarkan bencana dan kematian. Sementara Matahari dan Bulan akan ditelan oleh dua serigala Skoll dan Hati, menggenapkan hari penghakiman. Pohon kehidupan, Yggdrasil pun akan rontok dan mati….

Kematian Odin

Menurut legenda Nordik, Odin the father of Gods akan mengalami kematian di peristiwa Ragnarok ini. Odin dikatakan mengalami kematian oleh Fenrir, Thor dan Ular raksasa Midgard. Loki pun akan mengalami nasib yang sama dalam peperangan ini. Tyr akan saling membunuh dengan Garm, anjing raksasa, Freyr akan dibunuh oleh Surtr si raksasa api. Surtr akan memenuhi ke sembilan dunia penuh dengan kobaran api, tak ada Dewa Dewi yang akan mampu bertahan dari Ragnarok ini, Bahkan Odin sang bapak para dewa dewi pun yang mampu meramalkan peristiwa ini tak mampu membendung pemusnahan ini.

Tanda-Tanda Terjadinya Ragnarok

Dipercaya oleh Mitologi Nordik bahwa ada tanda-tanda atau peringatan akan terjadinya Ragnarok. Tanda yang pertama menyebutkan akan terbunuhnya Dewa Baldr, Putra dari Odin dan Frigg, mereka percaya kalau tanda pertama ini telah terjadi.

Tanda kedua adalah akan terjadinya bencana kedinginan luar biasa yang tak terbendung, musim dingin yang berlangsung lama, setidaknya berlangsung selama tiga tahun tanpa ada musim panas. Selama masa ini manusia akan saling berperang satu dengan lainnya, saudara akan membunuh saudaranya, ayah akan dibunuh anaknya.

Tanda ketiga adalah Skoll dan Hati, dua serigala raksasa pengejar Matahari ( Sol ) dan Bulan akan berhasil menelannya. Bahkan bintang-bintang diangkasa akan menghilang dan membawa dunia dalam kegelapan total.

Di dunia para raksasa, akan ada tanda bahwa peperangan telah siap dimulai. Seluruh dunia Dewa, Raksasa dan manusia akan diberitahukan kalau masa akhir zaman telah tiba. Heimdall akan meniupkan terompetnya yang akan terdengar hingga sembilan dunia menandai dimulainya peperangan hingga akhir. Para Viking yang meninggal secara terhormat dalam pertempuran, akan mengangkat kembali senjatanya mendampingi para Dewa Dewi Aesir melawan para Raksasa ( Giants )

Dunia Baru Akan Timbul Dari Lautan

Akhir dari Ragnarok, seluruh Dewa Dewi Aesir mengalami ajalnya. Para Giant juga mengalami kematian bersamaan dengan hancurnya sembilan dunia. Namun sudah tertulis, bahwa dunia yang baru akan hadir dan muncul dari lautan. Dunia baru yang lebih indah, hijau penuh pepohonan dan sangat mempesona.

Sebelum Ragnarok terjadi, sepasang manusia akan menyelamatkan diri didalam pohon kehidupan Yggdrasil. Dan ketika perang berakhir mereka akan keluar dan mulai berkembang biak di dunia yang baru. Akan hadir Dewa Dewi baru seperti Vidar dan Vali serta Honir yang merupakan anak dari Odin. Modi dan Magni yang merupakan putra dari Thor akan mewarisi senjata ayahnya, Mjolnir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *