Menu

Mitologi Nordik : Sembilan Dunia

February 9, 2017 - Mitologi Nordik
Mitologi Nordik : Sembilan Dunia

Dalam mitologi Nordik mengenal adanya sembilan jenis dunia yang ada yaitu Niflheim, Muspelheim, Asgard, Midgard, Jotunheim, Vanaheim, Alfheim, Svartalfheim, dan Helheim. Kesembilan dunia dalam mitologi Nordik ini berada dalam cabang-cabang serta akar dari pohon kehidupan, Yggdrasil. Kesembilan dunia ini merupakan tempat tinggal dari para mahluk-mahluk yang dipercaya keberadaannya.

NIFLHEIM DUNIA PERTAMA YANG PENUH KABUT

Niflheim ( Níu Heimar ) adalah dunia pertama dalam mitologi Nordik merupakan dunia tergelap dan terdingin dibandingkan seluruh dunia lainnya. Niflheim terletak di sebelah Utara Ginunngagap dan dipercaya merupakan sumber dari segala air, lautan di seluruh dunia.

Tiga sumur utama yang merupakan air kehidupan ke seluruh dunia terletak di dunia ini dan di jaga oleh seekor naga raksasa bernama Nidhug.

Bangsa Nordik percaya kalau di dunia ini terdapat sebelas sungai yang berasal dari sumur kehidupan ini. Sumur-sumur ini disebut Hvergelmir dan seluruh kehidupan akan berasal darinya dan akan kembali pula kepadanya. Eligavar atau gelombang es merupakan hal pertama yang terjadi dan menjadikan kehidupan di dunia-dunia lainnya. Gelombang air dingin ini memenuhi bagian dari Ginunngagap yang merupakan area kehampaan yang sangat luas. Di sini gelombang air ini mendingin dan menjadi bongkahan es yang padat, itulah sebabnya area utara dari bumi selalu berhawa dingin.

MUSPELHEIM THE LAND OF FIRE

Muspelheim ( Muspellsheimr ) terbentuk jauh di Selatan dari Ginunngagap. Daerah ini merupakan lautan api yang berhawa sangat panas, penuh dengan lava. Muspelheim merupakan rumah dari para Giants, fire demon dan penguasanya bernama Surtr seorang raksasa api yang sangat besar. Surtr merupakan musuh abadi dari para penghuni Aesir, dunia para Dewa.

Surtr akan keluar dari Muspelheim mengendarai pedang apinya dan akan menyerang Asgard dalam perang akhir zaman, Ragnarok.

ASGARD RUMAH PARA DEWA

Tepat di tengah-tengah dunia manusia sebuah tempat magis melayang-layang di angkasa itulah Asgard dunia para Dewa menurut kepercayaan Nordik. Para Dewa pria di Asgard akan dinamakan Aesir sementara Dewi atau wanita akan disebut Asynjur. Odin adalah penguasa Asgard sekaligus pemimpin tertinggi para Aesir. Odin menikahi Frigg yang menjadi Ratu dari para Asynjur. Didalam gerbang utama Asgard ada tempat yang dinamakan Valhalla yang merupakan tempat bagi para Viking yang meninggal secara terhormat di medan perang. Roh dan Jiwanya akan berada di tempat ini untuk menunggu masa perang akhir zaman Ragnarok dan bersama-sama dengan Aesir melawan para Giants

MIDGARD RUMAH DARI MANUSIA

Midgard yang berarti middle earth atau tengah dunia terletak tepat ditengah-tengah dunia, berada tepat dibawah Asgard, rumah para Dewa. Asgard dan Midgard merupakan dua dunia yang dapat saling terhubung dengan terciptanya pelangi.

Dunia manusia atau Midgard terdiri dari lautan luas dan hanya sebagian kecil daratan. Lautan menjadi tempat bermukimnya Ular laut raksasa, Midgard Serpent. Ular ini sangat besar dan konon dikabarkan melingkari seluruh dunia. Odin dan dua saudaranya Vili dan Ve menciptakan manusia dari kayu dan mengisinya dengan berbagai atribut untuk menyempurnakannya.

JOTUNHEIM RUMAH PARA RAKSASA

Jotunheim ( Jotunheimr ) merupakan rumah dari para raksasa netral berbeda dengan Muspelheimer yang di isi oleh raksasa api. Keluarga para raksasa merupakan musuh abadi dari Aesir. Jotunheim merupakan dunia yang dipenuhi oleh bebatuan, liar dan sangat berbahaya. Para raksasa yang hidup di dunia ini mengandalkan hidup dari ikan-ikan yang ada di sungai.

Dunia Jotunheim tercipta dari mayat raksasa pertama Ymir yang dibunuh oleh Odin dan dua saudaranya Vili dan Ve. Para raksasa dan Aesir selalu berseberangan hingga akhir zaman, Ragnarok. Namun walau demikian, kerap terjadi hubungan antara Aesir dan para raksasa, Loki yang tinggal di dunia Asgard, awalnya merupakan raksasa yang menghuni Jotunheim.

Dunia Jotunheim memiliki pemimpin yang sangat menakutkan yang dipanggil dengan nama Ugard-Loki

VANAHEIM HOME OF THE VANIR

Vanaheim ( Vanaheimr ) merupakan rumah dari Dewa Vanir yang merupakan dewa kuno atau dewa yang muncul pertama sekali. Para Vanir merupakan kaum intelektual yang menguasai sihir dan magic. Mereka juga dikenal mampu meramal dengan ketepatan yang sangat tinggi. Tak ada yang mengetahui pasti dimana daerah ini berada. Ketika perang antara Aesir dan Vanir berakhir, tiga orang Vanir akan tinggal di Asgard yaitu Njord dan dua orang anaknya Freya dan Freyr

ALFHEIM  HOME OF THE LIGHT ELVES

Alfheim ( Alfheimr ) berada tepat disebelah kanan dari Asgard. Para penghuni Alfheim adalah mahluk-mahluk yang luar biasa cantik dan indah yang disebut kaum Elves. Mereka lebih banyak menjadi pelindung para Asgard yang dipimpin oleh Dewa Freyr.

Kaum Elves adalah Dewa-dewa tingkat rendah yang menguasai alam dan hutan, karena di pimpin oleh Freyr yang berasal dari dunia Vanir, kaum elves juga mahir menggunakan sihir yang digunakan untuk menolong dan menyelamatkan manusia dari bahaya. Mereka juga dikenal sebagai kaum yang sangat menyukai musik.

SVARTALFHEIM HOME OF THE DWARVES

Svartalfheim ( Svartalfheimr ) merupakan rumah dan dunia para manusia cebol atau Dwarves. Mereka hidup dan tinggal dibawah tanah atau bawah batu-batuan atau didalam goa. Bangsa Dwarves dipimpin oleh seorang pemimpin bernama Hreidmar.

Para bangsa Dwarv merupakan bangsa yang sangat ahli dalam hal pertukangan. Hasil karya mereka yang luar biasa indah dan berkekuatan tinggi sering sekali digunakan oleh para Asgard atau para Dewa didalam peperangan. Salah satunya seperti Thor Hammers, Draupnir dan Gungnir yang digunakan oleh Odin.

HELHEIM DUNIA TERAKHIR DAN TEMPAT PEMBUANGAN PARA MANUSIA TAK TERHORMAT

Ini adalah dunia terakhir dalam mitologi Nordik, tempat para manusia-manusia tak terhormat berada. Pencuri, penipu dan pembunuh serta Dewa atau Dewi yang tak berani berada di Valhalla. Helheim dipimpin oleh seorang iblis wanita dan seluruh tempat ini dipenuhi oleh hawa dingin dan menakutkan. Siapa pun yang sampai ditempat ini tidak akan pernah lagi merasakan kegembiraan dan kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *