Menu

Mitologi Nordik : Valhalla & Folkvangr

February 10, 2017 - Mitologi Nordik
Mitologi Nordik : Valhalla & Folkvangr

Melanjutkan pembahasan kita mengenai dunia mitologi Nordik, kali ini kita akan membahas tentang Valhalla dan Folkvangr. Valhalla ( Valholl ) terletak di Asgard, dunia para Dewa Dewi. Letaknya tepat di depan pintu gerbang kota yang amat megah tersebut. Gerbang ini sangat luar biasa besarnya dan memiliki 540 pintu. Setiap pintu berukuran yang besar dan besarnya bahkan bisa dilewati oleh 800 ksatria yang berjalan beriringan.

Atapnya bukan terbuat dari atap biasa namun merupakan kumpulan shield atau tameng para ksatria di medan perang. Dan yang lebih membuat wah, seluruh tameng tersebut terbuat dari emas. Sementara seluruh dinding di Valhalla ini terbuat dari bahan baku utama pembuat tombak dan berbagai senjata. Inilah tempat dari para Viking yang telah tewas secara terhormat di medan perang, roh dan jiwanya akan naik ke dunia Asgard dan berkumpul dengan sesama ksatria menunggu hari terakhir atau Ragnarok.

Setengah dari para ksatria tersebut akan mengikuti Dewi Freya yang memang merupakan pilihan utama dari para Ksatria Viking tersebut. Para ksatria ini setiap paginya akan berlatih perang dengan koleganya, dalam latihan ini mereka tidak perlu takut apabila ada bagian-bagian tubuhnya terpotong karena pada saat makan malam usai latihan berlangsung mereka akan kembali normal seperti sedia kala.

Setiap sore hari menjelang malam, para satria ini akan pulang dan berkumpul di Valhalla, duduk dan menyantap makanan malam. Saehrimnir, seekor babi raksasa akan menjadi menu santapan mereka. Namun Saehrimnir bukanlah babi biasa, ini adalah seekor babi mistik yang ketika dipotong bagian tubuhnya akan tumbuh kembali seperti sedia kala.

Selain Sahrimnir ada pula seekor kambing yang bernama Heidrun. Sama seperti Sahrimnir, kambing ini juga merupakan kambing surgawi yang makan dari daun-daunan pohon kehidupan Yggdrasil. Kambing dan babi merupakan menu utama dari para ksatria viking yang mati secara terhormat. Begitulah penggambaran dunia surgawi menurut pandangan Mitologi Nostik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *