Menu

Mitologi Nordik : Yggdrasil, Pohon Kehidupan

February 11, 2017 - Mitologi Nordik
Mitologi Nordik : Yggdrasil, Pohon Kehidupan

Yggdrasil, pohon kehidupan bangsa Nordik merupakan pohon kehidupan yang berpengaruh besar bagi ke sembilan dunia yang ada di kepercayaan Nordik. Posisinya tepat berada di tengah-tengah Asgard, kota para Dewa Nordik. Pohon ini memiliki tiga buah percabangan utama, yang pertama adalah Asgard. ada pada sebuah sumur suci yang dinamakan Urd Well. Di tempat inilah para Dewa dan Dewi akan berunding jika terdapat sesuatu masalah.

Percabangan yang kedua langsung menuju ke Jotunheim, tanah para raksasa yang berada tepat di sebuah sumur pula yang dinamakan Mimir Well. Sementara percabangan ketiga ada di Niflheim yang berada tepat dengan sebuah sumur suci lainnya yang dinamakan Hvergelmir Well. Di sumur inilah keberadaan dari seekor Naga raksasa bernama Nidhug tinggal. Nidhug memiliki kegemaran untuk menghisap darah dari semua mahluk yang telah meninggal sebelum dilemparkan ke Hel atau dunia paling bawah dari kepercayaan Nordik.

Di puncak Yggdrasil hidup musuh abadi dari Naga Nidhug yaitu seekor elang raksasa yang akan saling bertempur dengan Naga Nidhug apabila mereka saling bertemu. Di samping itu ada pula seekor tupai yang bernama Ratatosk dan tupai ini sepanjang waktu hanya menghabiskan waktu dengan naik turun pohon kehidupan, Yggdrasil. Ratatosk ini bisa dikatakan merupakan pembawa pesan dari kedua binatang surgawi ini, tiap kali naga Nidhug mengeluarkan sumpah serapahnya terhadap Elang, maka tupai ini akan naik ke puncak pohon dan menyampaikannya kepada Elang surgawi. Begitu juga sebaliknya. Maka tak heran permusuhan antara Naga dan Elang ini tetap abadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *