10 Organisasi Rahasia di Dunia

10 Organisasi Rahasia di Dunia

10 Organisasi Rahasia di Dunia – Melalui sejarah, kita telah tahu bahwa ada banyak teori rahasia dan teori persekongkolan tentang organisasi-orrganisasi rahasia dan misterius di dunia. Dalam daftar berikut kami akan mencoba untuk menampilkan 10 organisasi paling misterius dan terkenal di seluruh dunia.

10. Opus Dei

Opus Dei adalah organisasi gereja Katolik yang menekankan keyakinan Katolik bahwa setiap orang dipanggil untuk kekudusan dan bahwa kehidupan biasa adalah jalan menuju kesucian. Para ketua organisasi tinggal di pusat-pusat kota yang hingga kini tidak diketahui dimana sedangkan para anggota organisasi tinggal di rumah mereka dan menjalani kehidupan seperti orang-orang umumnya.

Organisasi ini didirikan pertama sekali pada tahun 1928 di Spanyol oleh imam Katolik Roma Josemaria Escriva dengan persetujuan dari Paus Pius XII.

Ketika Da Vinci Code karya Dan Brown diterbitkan buku ini segera menimbulkan kegemparan karena di bukunya Dan Brown mengatakan bahwa Opus Dei merupakan sebuah organisasi rahasia di gereja Katolik yang bertujuan untuk mengalahkan ” Priory of Sion ” ( sebuah organisasi rahasia lainnya ) dan mereka-mereka yang berusaha untuk menemukan ” kebenaran ” tentang kekristenan dan keturunan Kristus.

9. The Priory of Sion

Setelah penerbitan Da Vinci Code oleh Dan Brown banyak minat pada Biarawan Sion atau Priory of Sion. Sayangnya mereka berharap dapat bertemu dan bergabung dengan organisasi fiktif ini. Biarawan Sion adalah salah satu cerita hoax yang dibuat pada tahun 1956 oleh seorang yang berpura-pura menjadi penerus tahta Prancis, Pierre Plantard. Telah banyak bukti yang dikemukakan oleh ahli bahwa surat-surat yang ditunjukkan oleh Plantard adalah palsu.

Namun hingga kini masih banyak orang yang tetap mempercayai bahwa organisasi ini benar-benar nyata di dunia.

8. The Bilderberg Group

Kelompok ini sedikit berbeda dari yang lainnya karena tidak memiliki keanggotaan resmi. Namun walau demikian memiliki anggota yang memiliki pengaruh kuat di dunia. Mereka biasanya bertemu hanya sekali dalam setahun dalam sebuah konferensi yang dijaga ketat oleh militer dan pemerintahan sebuah negara.

Apa tujuan pertemuan dan apa topik yang dibahas tak ada yang tahu dan selalu berlangsung di tempat mewah, hotel berbintang lima di seluruh dunia. Para tamu akan mengalami seleksi yang ketat saat akan mengikuti konferensi tahunan mereka dan hanya yang memiliki undangan yang dapat mengikutinya.

Pertemuan pertama organisasi ini berlangsung pada tahun 1954 di Hotel Bilderberg Belanda. Di percaya bahwa pertemuan pertama ini digagas oleh seorang berpengaruh di Polandia, Joseph Retinger yang merasa prihatin akan tumbuhnya paham anti Amerika di Eropa Barat. Retinger memiliki gagasan akan pentingnya sebuah konferensi internasional dimana para pemimpin dari negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat bertemu dan mempromosikan pemahaman antara budaya Amerika dan Eropa Barat.

7. The Illuminati

The Illuminati ( berasal dari bahasa Latin ” Illuminatus ” yang berarti tercerahkan ) adalah sebuah nama yang diberikan kepada beberapa kelompok baik yang nyata atau fiktif. Secara historis, nama tersebut mengacu pada Bavarian Illuminati, sebuah masyarakat era pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1776.

Tujuan kelompok ini adalah untuk menentang dan menghapus takhayul, obskurantisme, pengaruh religius terhadap kehidupan publik dan penyalahgunaan kekuasaan negara. Namun Illuminati dilarang melalui dekrit oleh penguasa Bavaria, Charles Theodore dan gereja Katolik Roma. Apalagi dipercaya bahwa gerakan organisasi ini juga bertanggung jawab terhadap gerakan Revolusi Prancis.

Banyak tokoh-tokoh terkenal yang tergabung didalam organisasi ini termasuk diantaranya adalah Ferdinand dari Brunswick dan diplomat senior Xavier von Zwack yang merupakan komando kedua orde. Selain mereka para tokoh lainnya yang juga termasuk adalah Johann Wolfgang von Goethe dan Johann Gottfried Herder serta Duke Gotha.

Saat ini organisasi ini sering dituduh melakukan konspirasi untuk mengendalikan urusan dunia dengan mendalangi kejadian kontroversial suatu negara serta menyebar agen-agennya di seluruh negara dunia. Di katakan mereka berusaha untuk menciptakan ” tatanan dunia baru “

6. The Knights Templar

Kuil ordo Salomo atau Ksatria Templar atau Templar saja adalah sebuah tatanan militer Katolik yang diakui pada tahun 1139 oleh tahta suci gereja Katolik Roma di Vatikan. Ordo ini berdiri pada tahun 1119 dan aktif dari sekitar 1129 hingga 1312.

Ordo Ksatria Templar memiliki ribuan anggota di seluruh dunia termasuk orang-orang kaya dan berpengaruh di dunia. Mereka menjadi salah satu lembaga amal yang paling di sukai di seluruh dunia Kristen dan tumbuh dengan cepat. Mereka sangat menonjol dalam dua hal yakni mengatur keuangan lembaga serta merupakan petarung yang tangguh di medan laga.

Ksatria Templar merupakan salah satu prajurit yang turut pula bertarung di Perang Salib. Sedangkan anggota non-tempur bergerak di bidang keuangan dan dipercaya bentuk perbankan yang ada saat ini bermula dari teknik keuangan yang mereka lakukan di zaman dulu.

Namun kekalahan yang diderita gereja saat perang Salib dan hilangnya tanah suci di Israel membuat dukungan terhadap ordo ini memudar. Apalagi desas desus kemudian berhembus tentang adanya upacara inisiasi rahasia para anggota templar menciptakan ketidak percayaan dari para penguasa Eropa.

Raja Philip IV dari Prancis yang memiliki banyak hutang pada ordo ini memanfaatkan hilangnya kepercayaan tokoh Eropa dengan menekan mereka untuk mendapatkan kendali penuh ordo Knights Templar ini.

Pada tahun 1307, banyak anggota Ksatria Templar yang di tangkap, dipenjara dan disiksa agar memberikan pengakuan palsu. Bagi yang menolak akan dibakar di tiang pancang. Paus Clement V membubarkan ordo ini pada tahun 1312 dibawah tekanan Raja Philip.

Hilangnya para anggota Ksatria Templar secara tiba-tiba di Eropa memunculkan spekulasi, legenda dan warisan selama berabad-abad. Banyak organisasi lainnya yang kemudian meniru-niru menggunakan nama Templar yang membuat nama ordo yang pernah menjadi salah satu yang paling berpengaruh di dunia tersebut tetap hidup hingga kini, sekaligus mengaburkan tujuan asal pendirian organisasi ini.

5. Hermetic Order of The Golden Dawn

The Hermetic Order of The Golden Dawn ( Latin : Ordo Hermeticus Aurorae Aureae atau yang lebih umum disebut The Golden Dawn ) adalah sebuah organisasi yang mengabdikan diri untuk studi dan praktik kegiatan Okultisme, metafisika dan paranormal pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Dikenal sebagai ordo yang diliputi kekuatan magis, Ordo ini aktif di Inggris Raya dan memusatkan praktiknya pada perkembangan liturgi dan spiritual.

Banyak konsep ritual dan sihir di saat ini seperti Wicca dan Thelema yang di ilhami oleh Golden Dawn.

Golden Dawn didirikan oleh tiga orang, William Robert Woodman, William Wynn Westcott dan Samuel Liddell MacGregor dan secara kebetulan pula seluruhnya mereka adalah anggota Freemason.

Sistem yang ada di Golden Dawn didasarkan pada hirarki dan inisiasi seperti yang ada pada Masonic Lodges namun, wanita diterima dan memiliki kedudukan yang setara dengan pria.

4. Ordo Templis Orientis

The OTO ( Order of the Temples of the East ) atau Ordo Kuil Timur adalah sebuah organisasi yang pada awalnya meniru keberadaan Masonry namun dibawah kepemimpinan ” Aleok Crowley ” ia mengambil prinsip-prinsip sistem agamanya sendiri yang disebut dengan Thelema.

Thelema berdasarkan dan memiliki sebuah hukum pokok yaitu ” Lakukanlah apa yang akan menjadi keseluruhan di hukum Taurat, Kasih adalah hukum utama dan kasih karunia. Anggota ordo didasarkan pada tingkat inisiasi dan ritual khusus yang dilakukan. OTO mengklaim mereka memiliki anggota lebih dari 3000 orang di seluruh dunia.

Crowley menciptakan sebuah acara keagamaan atau misa yang disebut Misa Gnostik. Misa ini dilakukan dengan penuh gaya dan menggunakan pendeta yang masih perawan, anak-anak dan imam. Banyak juga dewa-dewa Mesir Kuno dan Iblis yang dilibatkan dalam Misa dan pada suatu kejadian pendeta juga melakukan tarian telanjang.

3. Rosicrucians

Rosicrucians merupakan gerakan budaya yang muncul di Eropa pada awal abad ke 17 setelah terbitnya beberapa teks yang konon mengumumkan adanya tatanan esoteris yang sampai sekarang tidak diketahui. Pengetahuan dan isi dari teks ini telah menarik minat banyak orang ketika itu.

Doktrin tatanan misterius tersebut di percaya digunakan oleh manusia masa lampau dan sengaja disembunyikan. Teks dan dokumen ini berisikan wawasan tentang alam, alam semesta dan alam spiritual. Memang tidak dijelaskan secara jelas namun dapat diduga kalau dokumen ini menggabungkan berbagai kepercayaan seperti Kabbalah, Hermetisisme dan Kristen.

2. Freemasons

The Grand Masonic Lodge diciptakan pada tahun 1717 ketika empat kelompok kecil pondok-pondok bergabung bersama. Tingkat keanggotaan pada awalnya adalah gelar pertama dan kedua, namun pada tahun 1750-an ini diperluas untuk menciptakan gelar ketiga yang menyebabkan perpecahan dalam kelompok tersebut. Ketika seseorang mencapai tingkat ketiga, mereka dipanggil seorang Master Mason. Mereka melakukan pertemuan rutin mereka dengan gaya ritual.

Ini termasuk banyak referensi tentang simbol arsitektur seperti kompas dan kuadrat. Mereka menyebut Tuhan sebagai “Arsitek Agung Semesta”. Tiga tingkat Masonry adalah: 1: Entered Apprentice, ini membuat Anda menjadi anggota dasar kelompok tersebut. 2: Fellow Craft, ini adalah tingkat menengah di mana Anda dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan lebih lanjut tentang Masonry. 3: Master Mason, gelar ini diperlukan untuk berpartisipasi dalam aktivitas masonik. Beberapa ritus (seperti ritus Skotlandia) daftar sampai 33 derajat keanggotaan.

Alasan menggunakan tanda dan jabat tangan untuk masuk ke pertemuan mereka, dan juga untuk mengidentifikasi diri mereka kepada orang lain yang mungkin orang Mason. Tanda dan jabat tangan sering berbeda dari satu yurisdiksi ke yurisdiksi yang lain dan sering diubah atau diperbarui. Ini melindungi kelompok dari orang-orang yang mengetahui bagaimana mendapatkan pengakuan dengan alasan palsu.

Orang-orang Mason juga memakai busana bergaya berdasarkan pakaian yang dikenakan oleh tukang batu dari abad pertengahan. Yang paling terkenal adalah apron. Agar bisa menjadi Mason, Anda biasanya harus direkomendasikan oleh tukang batu saat ini. Dalam beberapa kasus Anda harus direkomendasikan tiga kali sebelum Anda dapat bergabung.

Anda harus berusia minimal 18 tahun dan pikiran sehat. Banyak agama mengerutkan kening atas keanggotaan kaum Mason, dan Gereja Katolik Roma melarang orang Katolik untuk ikut menderita karena ekskomunikasi.

1.Skull and Bones

Ordo Tengkorak dan Tulang, sebuah masyarakat Universitas Yale, pada awalnya dikenal sebagai Persaudaraan Kematian. Ini adalah salah satu komunitas rahasia pelajar tertua di Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1832 dan keanggotaan terbuka untuk beberapa elit.

Masyarakat menggunakan ritual terapis mason sampai hari ini. Anggota bertemu setiap Kamis dan Minggu setiap minggu di sebuah bangunan yang mereka sebut “Makam”. Menurut Judy Schiff, Kepala Arsip di Perpustakaan Universitas Yale, nama-nama anggota tidak dirahasiakan sampai tahun 1970an, namun ritual tersebut selalu ada.

Kedua presiden Bush adalah anggota masyarakat saat belajar di Yale, dan sejumlah anggota lainnya telah mencapai ketenaran dan keberuntungan yang hebat. Masyarakat dikelilingi oleh teori-teori konspirasi; Yang paling populer di antaranya mungkin adalah gagasan bahwa CIA dibangun berdasarkan anggota dari kelompok tersebut. CIA merilis sebuah pernyataan pada tahun 2007 (bertepatan dengan popularitas film The Good Shepherd) di mana ia menolak bahwa kelompok tersebut adalah inkubator untuk CIA