12 Dewa & Dewi Yunani Kuno

12 Dewa & Dewi Yunani Kuno

12 Dewa & Dewi Yunani Kuno – Kejam dan berubah-ubah, penuh gairah dan pendendam, pencemburu dan tak pernah merasa aman. Penghuni gunung Olympus mewakili usaha orang-orang Yunani Kuno untuk menjelaskan kekacauan alam semesta melalui sifat-sifat manusia. Jadi, seperti setiap dewa dan dewi yang diciptakan sebelum dan sesudah alam semesta, mereka adalah perwujudan dari manusia pada umumnya. Berikut ini adalah urutan Dewa & Dewi Yunani Kuno yang paling populer hingga saat ini ….

12. Aphrodite

 

Aphrodite adalah dewi pertama yang ada di urutan ke 12. Ia adalah dewi cinta, seks dan kecantikan dalam mitos dan kebudayaan Yunani Kuno. Aphrodite dilahirkan dari buih dan busa yang berasal dari testis ayahnya, Uranus yang dibuang ke laut oleh anak lainnya, The Titan Cronus.

11. Athena

Athena adalah dewi pengetahuan, akal, kebijaksanaan dan perang didalam mitologi Yunani. Dia konon lahir dan muncul dari dahi Zeus, dewa tertinggi masyarakat Yunani Kuno. Athena merupakan tokoh utama dalam cerita Odyssey yang terkenal dimana ia menginstruksikan Odiseus serta membimbing Perseus dan Herakles.

Parthenon adalah nama dari kuil Athena yang dinamai demikian untuk menghormatinya. Di kebudayaan Romawi ada sosok Athena lainnya yang diberi nama Minerva.

10. Artemis

Artemis adalah dewi perburuan dalam masyarakat Yunani Kuno. Ia digambarkan dalam lukisan dan patung dengan seekor rusa atau anjing pemburu. Artemis adalah pemburu dan pelindung dunia kehidupan. Di kebudayaan Romawi dikenal Artemis lainnya dengan sebutan Diana.

9. Ares

Ares adalah Dewa haus darah dan merupakan adik tiri dari Athena. Ia merupakan dewa yang paling tidak di sukai oleh sesama dewa dan dewi di Yunani Kuno namun di cintai dan ditakui oleh orang-orang Sparta. Masyarakat kota Sparta melakukan pemujaan terhadap Ares dengan memberikan persembahan berupa darah anak anjing. Ia memiliki nama lain di kebudayaan Romawi yang disebut dengan Mars

8. Apollo

Saudara kembar Artemis, Apollo adalah salah satu dewa utama dan paling ditakuti oleh dewa & dewi lainnya. Apollo merupakan putra Zeus dan menyebarkan paham dan titahnya melalui berbagai nubuat. Salah satu tempat pemujaan yang terkenal untuknya adalah Oracle di Delphi.

7. Demeter

Demeter atau Dewi pertanian adalah ibu dari Persephone yang diculik oleh penguasa alam bawah, Hades. Demeter memiliki nama lain di kebudayaan Romawi yang disebut Ceres

6. Dionysus

Dionysus adalah salah satu dari sekian banyaknya putra Zeus yang beribu manusia yang tanpa sengaja di bunuh oleh ayah kandungnya tersebut. Dianysus digambarkan sebagai salah satu dewa yang meliputi racun, seks dan ritual biadab. Ia sering digambarkan dengan seekor banteng. Di kebudayaan Romawi ia memiliki nama Bacchus

5. Hades

Hades merupakan dewa kematian, dewa bawah tanah, dan dewa kehancuran. Ia menipu Persephone untuk memakan benih delima agar dapat menyuntingnya menjadi permaisuri alam bawah. Hades merupakan tiga dewa utama dalam mitologi Yunani bersama dengan dua saudaranya Zeus dan Poseidon.

4. Hera

Dewi dan Ratu di Olympus, Hera adalah saudara sekaligus istri dari Zeus. Ia merupakan istri yang pendendam dan pencemburu yang sering terlibat permusuhan dengan anak-anak Zeus dari istri lainnya.

3. Hermes

Dewa keberuntungan, musik dan kesuburan Hermes adalah dewa pembawa pesan dalam kisah Odyssey. Kebudayaan Romawi memiliki nama lain untuknya yaitu Merkurius

2. Poseidon

Poseidon sangat terkenal sebagai dewa laut dan samudra namun ia juga merupakan dewa kuda dan gempa bumi. Ia memiliki anak yang aneh seperti Pegasus dan Cyclops Polyphemus. Nama lainnya di kebudayaan Romawi adalah Neptunus

1.Zeus

Dengan bantuan dua saudaranya Hades dan Poseidon, Zeus berhasil menggulingkan ayahnya Cronus Raja Titan dan menjadi dewa paling utama di kebudayaan Yunani Kuno. Selain mengendalikan cuaca Zeus amat terkenal sebagai Dewa Petir. Nama lainnya di kebudayaan Romawi adalah Jupiter.