10 Makhluk Mistis Legendaris Dunia

10 Makhluk Mistis Legendaris Dunia

10 Makhluk Mistis Legendaris Dunia – Cerita, mitos dan legenda selalu memainkan peran penting dalam pengembangan dan kemajuan budaya dan peradaban manusia. Seringkali mitos dan legenda tersebut lintas generasi dan bertahan selama berabad-abad. Ia menjadi jawaban atas pertanyaan yang orang tidak tahu jawabannya. Banyak dari cerita-cerita ini melibatkan semacam mahluk aneh, monster atau roh halus yang berfungsi sebagai perwujudan fisik dari mitos atau legenda tersebut.

Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Seluruh negara dan kebudayaan di dunia ini dipastikan memiliki mitos dan legendannya sendiri. Banyak dari legenda ini yang berevolusi dari waktu ke waktu dan mengalami pergeseran makna dari pendahulunya.

Sayangnya, saat ini kita telah hidup di zaman yang bisa kita katakan dengan pasti bahwa keanehan makhluk-makhluk mitologi tersebut tidak lah pernah ada atau bahkan tidak pernah eksis sama sekali. Mereka kemungkinan besar hanya merupakan hasil dari pemikiran imajinatif yang belum tercerahkan oleh keajaiban dunia sains modern.

Meski begitu, legenda dan mitos dari banyak makhluk mitologi ini telah teruji oleh waktu dan memainkan peran yang amat penting dan berdirinya sebuah kebudayaan dunia.

10. Centaur

Setengah manusia dan setengah kuda, Centaur adalah salah satu tokoh mitologi Yunani yang paling populer dan gampang dikenali. Kisah dan cerita tentang asal-usul mereka memiliki banyak versi, namun menurut yang paling banyak dipercaya, Centaur diciptakan oleh Ixion ( Raja Lapiths – suku kuno penunggang kuda )

Mitos dan legenda tentang Centaur telah bertahan selama berabad-abad dan hingga kini mereka masih kerap muncul dalam karya fiksi modern atau karya seni sebagai salah satu ras romantisme.

Padahal sejatinya, menurut kepercayaan Yunani Kuno, Centaur adalah makhluk jahat yang gemar berperang.

9. Wendigo

Dari Yunani kita beralih ke Amerika Utara dimana masyarakat kuno di sini mempercayai ada sebuah makhluk mitologi yang berakar dari alam. Kehidupan di Amerika Utara sangat keras, perubahan iklim dari panas ke dingin sangat cepat terjadi. Berburu, bertani dan mencari makan selalu sulit dan dalam keadaan demikian banyak suku berdoa kepada roh binatang dan dewa agar mereka diberikan limpahan makanan dan hasil panen yang baik.

Di masa inilah kisah Wendigo muncul. Wendigo adalah sebuah mahluk setengah-setengah yang seperti manusia namun menyerupai hewan. Di percaya berjenis kelamin pria / jantan dan sangat gemar memakan daging manusia. Prinsip kanibalisme sendiri tidak asing di pedalaman suku asli Amerika karena tabib atau dukun asli penduduk Amerika juga banyak yang melakukan praktek tersebut.

8. Dullahan

Bangsa Irlandia di Eropa mengenal salah satu makhluk mitologi yang disebut dengan Dullahan. Penampilan dan sosok dari Dullahan sangat mirip dengan ” Death / Kematian ” salah satu penunggang kuda / horseman dalam kisah di Alkitab.

Dullahan adalah seorang penunggang kuda tanpa memiliki kepala yang dipercaya mampu merasakan jiwa-jiwa dari orang yang akan mendekati kematian. Keistimewaan lainnya adalah ia mampu melakukan perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi untuk mencapai targetnya ( konon bahkan ia mampu menembusi tembok atau pintu yang terkunci ).

Segera setelah ia mencapai targetnya, Dullahan akan mengucapkan nama seseorang dan si pemilik nama akan langsung menemui kematian.

Dullahan digambarkan selalu berwarna hitam pekat dan terlihat lebih mirip ksatria abad pertengahan. Ia memiliki senjata berupa cambuk yang terbuat dari tulang belakang manusia. Celakalah apabila ada yang melihat dirinya, karena manusia yang melihatnya akan langsung menjadi buta.

7. Chimera

Kembali lagi ke Yunani yang tampaknya memang merupakan kebudayaan kuno yang kaya akan berbagai cerita legenda dan mitologi. Chimera adalah monster bernafas api yang memiliki beragam bentuk setengah kambing, setengah singa dan setengah bagian lainnya ular. Chimera merupakan keturunan langsung dari Typhon ( makhluk raksasa dengan tangan berbentuk ular memiliki sayap besar dan berkaki ular, makhluk ini sangat ganas hingga dikabarkan dewa saja takut kepadanya ) dan Echidna ( makhluk setengah manusia dan setengah ular yang di juluki dewi dari seluruh monster )

Chimera merupakan makhluk keji yang tak kalah buas dibandingkan Typhon saking mengerikan dan menakutkannya, ia bahkan ditakui oleh pahlawan-pahlawan Yunani Kuno.

6. Gorgon

Masih dari Yunani Kuno, Gorgons adalah tiga saudara perempuan dengan penampilan yang mengerikan. Gorgon memiliki tangan yang terbuat dari kuningan dan memiliki tubuh bagian belakang yang menyerupai kuda, memiliki taring babi hutan dan berambut ular. Nama ketiga Gorgon ini adalah Medusa, Euryale dan Stheno.

Ketiganya memiliki tugas sebagai penjaga kota Cisthene dan anehnya dari ketiga saudara ini hanya Medusa saja yang abadi. Setiap manusia atau makhluk yang melihat mata gorgon langsung berubah menjadi batu tapi pahlawan Yunani Perseus menggunakan ini sebagai salah satu keuntungannya saat melawan Medusa.

Meskipun tampilan Gorgon ini sangat mengerikan dan menakutkan namun gambar-gambar Gorgon sering ditemukan di bangunan-bangunan, baju besi dan bahkan di batu nisan masyarakat Yunani kuno. Di percaya oleh mereka kalau dengan adanya gambar tersebut akan memberikan perlindungan kepada mereka.

5. Sphinx 

Dipuja oleh orang Mesir kuno sebagai Dewa Matahari, Sphinx adalah makhluk mitologi hybrid lainnya. Gambaran yang paling populer dari makhluk ini adalah patung Sphinx agung di Giza yang terdiri dari tubuh singa dengan kepala manusia.

Namun Sphinx ternyata bukan hanya itu ada banyak jenis lainnya dari Sphinx di seluruh budaya Mesir kuno. Salah satunya adalah Criosphinx yang memiliki kepala lembu sementara Hieracosphinx memiliki kepala Elang meski seluruh versi tersebut tetap sama memiliki tubuh singa.

Sifat-sifat dari makhluk ini juga ditandai dari warnanya. Sphinx yang berwarna putih dikaitkan dengan kebaikan dan kemurnian sementara Sphinx hitam melambangkan kegelapan dan kejahatan.

Gambar Sphinx sangat sering ditemui terukir di makam-makam Firaun dan hal ini menjelaskan hubungan dekat Sphinx dengan Dewa Matahari Sekhmet.

4. Hydra

Hewan dan makhluk mitologi yang tinggal di air sangat umum terdapat di seluruh kebudayaan dunia. Laut dan samudera yang begitu luas ditambah pengetahuan akan lautan yang belum tinggi menjadikan manusia zaman dahulu menciptakan makhluk-makhluk mitologi yang ada di laut.

Hydra adalah salah satu makhluk mitologi Yunani yang paling mengerikan. Makhluk ini merupakan keturunan lainnya dari Typhon dan Echidna. Hydra adalah monster air yang berukuran sangat besar dan memiliki banyak kepala ( jumlahnya bervariasi antara 7 hingga 100 kepala ). Hydra juga memiliki kemampuan untuk menumbuhkan dua kepala baru untuk setiap satu kepala yang terputus.

Hydra tinggal di rawa Lerna tempat dimana ia akhirnya dibunuh oleh Hercules

3. Banshee

Salah satu mitologi Celtic yang amat populer di dunia adalah Banshee, roh jahat yang menjadi penjemput kematian. Kisah tentang Banshee ini memang bervariasi tetapi biasanya tampil sebagai pasangan tua yang jelek dan mereka hanya terlihat oleh orang-orang yang telah dekat dengan kematian.

Versi lainnya mengatakan Banshee menggunakan wujud sebagai wanita cantik dan memikat atau bahkan menjadi binatang seperti burung gagak atau kelinci.

2. Leviathan

Leviathan adalah bapak dari seluruh makhluk mitologi laut. Makhluk mitologi yang ada di Alkitab ini digambarkan berjumlah dua ekor sepasang wanita dan pria. Namun Tuhan terpaksa membunuh Leviathan betina untuk menghentikan pasangan tersebut memiliki keturunan yang akan berakibat fatal bagi kehidupan.

Leviathan adalah ular laut yang sangat besar ( satu sumber mengatakan panjangnya 300 mil ) yang berada di kedalaman laut. Kisah tentang Leviathan dijabarkan panjang lebar dalam kitab Ayub dan Kitab Yesaya di Tanakh ( Perjanjian Lama ). Selain dalam Kristen, Leviathan juga muncul dalam bentuk-bentuk literatur Yahudi.

Ayub mengatakan bahwa Leviathan tidak bisa dibunuh menggunakan pedang atau panah dan nafasnya bisa mendidihkan air laut. Matanya bersinar terang seperti lampu berwarna putih dan di mulutnya terdapat aliran api. Tidak ada satupun di bumi yang setara dengan Leviathan.

Selama abad pertengahan, orang-orang Kristen menghubungkan Leviathan dengan Satan dan membicarakan sosok Leviathan untuk menakuti manusia akan dosa.

Dalam Satanic Bible atau Kitab Iblis diceritakan dan digambarkan kalau Leviathan adalah salah satu dari empat mahkota-mahkota neraka ( bersama dengan Setan, Lucifer dan Belial ).

1. Penanggalan

Nomor satu yang ada dalam daftar ini adalah makhluk Mitologi asal Jepang. Negri Sakura memang memiliki banyak sekali makhluk-makhluk mitologi beberapa diantaranya sangat menyeramkan. Ada Akakteko yang berbentuk seperti tangan yang dipotong-potong atau Azukiarai roh kodok nakal yang membuat suara yang aneh.

Namun dari seluruh makhluk mitologi yang ada Penanggalan merupakan yang paling seram. Penanggalan adalah sebuah mayat hidup yang dikatakan telah dikutuk oleh sihir hitam atau kutukan setan. Berbentuk sebagai wanita cantik di siang hari namun akan mengerikan apabila malam tiba.

Saat matahari terbenam, kepala wanita ini akan terlepas dari tubuhnya dan dia mengambang mencari korbannya. Organ-organ bagian tubuh dalamnya menjuntai dari kepalanya ( yang dikatakan berkelap kelip seperti kunang-kunang ) dan dia menggunakan ususnya untuk menahan korbannya sehingga ia bisa meminum darah korbannya dengan leluasa

Bonus Versi Indonesia : Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: Pontianak atau Puntianak, atau sering disingkat kunti) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “puntianak” merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”

Mitos ini mirip dengan mitos hantu langsuir yang dikenal di Asia Tenggara, terutama di nusantara Indonesia. Mitos hantu kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.