10 Kota Tertua di Dunia

10 Kota Tertua di Dunia

10 Kota Tertua di Dunia – Bertambahnya umur dan menjadi tua bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh setiap manusia, namun apabila menyangkut masalah kota ini adalah hal yang berbeda. Usia yang tua justru menjadi penambah daya tarik sebuah kota karena dipastikan banyak unsur sejarah, nilai historis, monumen kuno dan budaya unik yang mengelilinginya. 

Di daftar 10 besar kita berikut ini, Mitosnesia mencoba membawa anda ke kota-kota yang telah teruji waktu yang hingga kini masih tetap kokoh berdiri dari sapuan sejarah. Ini bukanlah tugas yang mudah untuk mendapatkan data tentang usia sebuah kota dan mungkin diantara anda ada yang memiliki daftar lainnya.

Namun dalam daftar kita berikut, Mitosnesia hanya memasukkan kota-kota yang masih eksis sampai saat ini.

10. Lisbon – Portugal

Daftar ke sepuluh yang ada dalam list kami adalah ibukota Portugal, Lisbon. Lisbon mengalahkan kota-kota besar lainnya di dunia seperti Paris, London, dan bahkan Roma.

Di kota ini anda dapat menemukan berbagai monumen-monumen tua seperti Menara Belem dan Biara Jeronimos yang terkenal dan berusia 500 tahun. Lisbon berhasil tetap eksis hingga saat ini berkat aliran sungai Tagus yang menjadi urat nadi perekonomian penduduk serta pelabuhan alamnya yang tenang dan tenang.

Suasana dan kondisi kota Lisbon yang tenang tersebut menarik perhatian pelaut Fenisia dari Mediterania sejak 1200 SM. Pelabuhan di kota ini telah berkembang menjadi pelabuhan tersibuk di pantai Atlantik Eropa. Didirikan sekitar tahun 2000 SM Lisbon menjadi kota tertua ke sepuluh di dunia.

9. Luxor – Mesir

Apa yang ada di bayangan anda ketika membicarakan Mesir ? mungkin yang langsung terlintas di benak anda adalah Piramida -nya yang termasyur itu, namun sebenarnya bukan itu saja hal yang menarik di Mesir.

Salah satunya adalah Luxor, sebuah kota kuno dan merupakan yang paling tua di dunia. Saat ini Luxor menjadi salah satu pusat penelitian ilmuwan purbakala karena hampir seluruh bagian kota ini memiliki nilai historis yang tinggi. Bahkan kota ini mendapatkan julukan sebagai museum terbuka dan terbesar di dunia saking banyaknya nilai bersejarah di sana.

Kompleks Kuil Karnak yang dapat ditemukan di dalam kota adalah pusat keagamaan kuno terbesar di dunia. Dahulu, Luxor pernah menjadi ibukota Mesir namun perkembangan yang lambat menjadikan kota-kota lainnya di Mesir menyusul peradaban dan perkembangan yang ada di sana hingga akhirnya jatuh kedalam reruntuhan setelah diserang oleh Kerajaan Asiria.

Saat ini, Luxor menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi wisatawan dunia. Tidak ada yang tahu pasti kapan Luxor didirikan, tetapi ahli sejarah menduga usianya tak lebih tua dari 2160 SM.

8. Asyut – Mesir

Masih dari Mesir, diurutan ke delapan ada kota lainnya yang bernama Asyut. Kota ini dipercaya memiliki hubungan dengan Luxor dan banyak sejarawan menduga kalau kota ini telah berusia sekitar 4000 tahun.

Berbicara soal hubungan antara Luxor dan Asyut hubungan antara kedua kota ini lebih kearah hubungan peperangan dan bukan hubungan persahabatan. Kedua kota selalu bertempur selama ribuan tahun dan Luxor menjadi pemenangnya. Jadi dengan kemenangan Luxor otomatis kota ini tidak dianggap sebagai salah satu kota penting lagi dan terkubur bersama reruntuhannya.

Kota ini setidaknya telah ditinggalkan namun kini telah kembali ditempati oleh manusia-manusia modern dan berubah menjadi salah satu kota hunian terbaik di Mesir.

7. Xi’An – China

Setelah dari Mesir kita akan menuju ke Timur Jauh di China tepatnya kota Xi’an di propinsi Shaanxi. Dahulu kota ini bernama Chang’an, salah satu dari empat ibukota kuno China. Jika anda pecinta sejarah-sejarah China maka anda harus mengunjungi kota ini dan melihat ribuan tentara tanah liat yang dibangun oleh Qin Shi Huang Di, Kaisar Pertama China.

Saat ini kota Xi’an merupakan sebuah kota metropolitan yang padat penduduknya. Tercatat hingga saat ini kota Xi’an memiliki jumlah penduduk sebesar 8 juta jiwa. Kota Xi’an diyakini telah ada sejak tahun 2205 SM

6. Giza – Mesir

Kembali lagi ke Mesir kita akan mengunjungi salah satu kota yang paling terkenal di Mesir, Giza. Apalagi yang membuatnya terkenal selain berdirinya dua simbol dan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Piramida Besar Giza dan Spinx. Walau sebenarnya bukan itu saja Piramida di kota ini namun ada banyak piramida kecil lainnya lengkap dengan kuil-kuilnya.

Monumen kuno yang menakjubkan ini telah menarik jutaan pengunjung dari seluruh dunia. Giza di yakini telah ada sejak tahun 2568 SM

5. Konya – Turki

Kota Konya sudah pasti ada dalam daftar 10 besar kota tertua yang masih eksis hingga saat ini. Konya yang terletak di Turki ini telah disebut-sebut dalam berbagai teks dan naskah kuno di Yunani dan Romawi. Kota ini mendapat nama sebagai Ikonium dalam bahasa Latin atau Ikonion dalam bahasa Yunani.

Menurut cerita dan legenda Yunani Perseus mengusir penduduk asli kota ini dengan menggunakan kepala Medusa yang telah di potong olehnya. Entah cerita itu benar atau tidak kita tidak akan pernah tahu tapi ilmu pengetahuan telah dapat menentukan kira-kira di periode berapa sejarah kota ini mulai tumbuh dan berkembang serta didiami oleh manusia.

Hasilnya, Konya mengalahkan seluruh kota tertua di Mesir dan dipercaya kota ini telah ada kira-kira tahun 2750 SM

4. Zurich – Swiss

Zurich di Swiss kota yang pernah mendapatkan predikat sebagai salah satu kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Kota ini adalah salah satu kota tertua dan terkaya di Eropa dan merupakan pusat keuangan global.

Sejarahnya yang panjang tersebut dimulai ketika ia pertama kali dikenal dengan nama Turicum kemudian menjadi Ziurichi dan selama seribu tahun terakhir menjadi hanya Zurich. Dan ada hal yang menarik dari kota ini menyangkut masalah keuangan. Ternyata orang-orang Romawi menggunakan kota ini sebagai tempat pemungutan pajak untuk barang-barang yang akan melewati sepanjang sungai Limmat. Maka tak heran kota ini kini menjadi pusat keuangan global dunia karena memang kota ini telah memiliki sejarah panjang dengan keuangan dunia.

Zurich telah berumur sangat tua, menurut sejarawan Zurich telah didiami oleh manusia sejak 3000 SM.

3. Kirkuk – Irak

Selanjutnya perjalanan kita menuju ke Irak kesebuah kota yang bernama Kirkuk. Kota modern yang akan anda temui jika anda berpergian kesana sebenarnya berada di lokasi yang sama dengan kota kuno Arrapha, ibukota kerajaan Asiria. Kota ini telah berkali-kali diklaim oleh berbagai bangsa namun yang paling penting adalah sekitar 1000 SM ketika orang Asyur mengklaimnya sebagai pusat kerajaan mereka.

Kota Kirkuk telah mendapatkan julukan sebagai Kota Budaya Irak di tahun 2010. Menurut para ahli kota ini telah didiami oleh manusia sejak 3000 SM

2. Jerusalem – Israel

Kota yang paling terkenal dan tertua di dunia berikutnya adalah kota yang selalu menjadi rebutan, Jerusalem di Israel. Apakah anda tahu kalau kota ini telah mengalami penyerangan sebanyak 52 kali di kuasai oleh bangsa lain sebanyak 44 kali, dikepung sebanyak 23 kali dan benar-benar berada dalam kehancuran sebanyak dua kali.

Namun terlepas dari semua itu, Yerusalem masih berdiri hingga saat ini dan telah menjadi salah satu kota modern yang dibanjiri oleh para wisatawan setiap tahunnya. Tak heran memang karena selain kota tertua di sini juga banyak ditemukan situs religius suci dari tiga agama besar di dunia, Islam, Kristen dan Katolik. Diantaranya adalah Kuil Salomo dan makam Raja Daud.

Agama dan politik tak pernah bisa terpisah dari kota ini sejak awal berdirinya hingga detik ini. Kota Yerusalem ini telah dihuni oleh manusia sejak 3000 SM.

1.Gaziantep – Turki

Inilah kota tertua di dunia yang masih di huni oleh manusia hingga saat ini. Kota Gaziantep di Turki dahulu bernama Antep dan memiliki banyak warisan budaya dan sejarah di dunia. Benteng Gaziantep kuno masih berdiri kokoh seolah menjadi pengingat kepada manusia modern yang mengunjunginya saat ini.

Benteng ini merupakan hasil karya pertama dari orang Het dari zaman perunggu sekaligus menjadi orang pertama yang menggunakan kereta perang. Berdasarkan bukti catatan yang ditemukan, Gaziantep telah di huni sejak 3650 SM.

Bonus : Palembang Kota Tertua di Indonesia

Palembang saat ini adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Ikon utama dari kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas.

Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East atau ‘Venesia dari Timur’ oleh negara-negara barat. Kota ini juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritim terbesar se-Asia Tenggara.

Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.