10 Universitas Tertua di Dunia

10 Universitas Tertua di Dunia

10 Universitas Tertua di Dunia – Berikut ini adalah urutan top 10 universitas tertua di dunia yang mungkin saja masih eksis hingga saat ini. Perlu anda ketahui bahwa memasuki kuliah adalah hal yang telah manusia lakukan sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan mungkin saja sejak ribuan tahun lampau. Tidak ada penelitian yang mengungkapkan dengan pasti kapan manusia pertama sekali kuliah namun yang pasti kehadiran universitas memberikan modernisasi terhadap tingkat pendidikan.

Dalam daftar berikut ada beberapa universitas yang telah berdiri sejak ratusan tahun lalu, mereka tidak hanya kaya akan sejarah namun juga memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bahkan menjadi prestise bagi sebagian orang yang memasukinya.

10. Universitas Salamanca 

  • Lokasi : Spanyol
  • Berdiri : 1218

Ketika Christopher Columbus akan melakukan pelayaran yang terkenal untuk menemukan rute barat ke Hindia Belanda, ia berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli geografi di Universitas yang terhormat ini. Didirikan pada tahun 1218, Universitas ini akan bersiap untuk menyambut ulang tahunnya yang ke 800 dan masih eksis hingga sekarang.

Raja Leonese, Alfonso IX membangun tempat ini agar orang-orang Leon memiliki sebuah institusi keilmuan tanpa harus pindah ke kota lainnya. Saat ini, Universitas Salamanca dikenal dengan pendidikan bahasanya dan menjadi tempat yang paling pas untuk mempelajari bahasa Spanyol.

9. Universitas Cambridge

  • Lokasi : Inggris
  • Berdiri : 1209

Universitas Cambridge merupakan salah satu universitas populer di dunia, mereka secara konsisten terus berada di peringkat 5 besar universitas terbaik dunia. Selain itu Cambridge adalah Universitas tertua kedua di Inggris yang lahir dan berdiri karena terjadinya perselisihan antara cendekiawan Oxford dengan penduduk kota.

Hingga saat ini persaingan terus terjadi antara dua universitas terbaik Inggris tersebut. Namun universitas ini patut berbangga hati karena memiliki 85 alumni pemenang Hadiah Nobel.

8. Universitas Montpellier 

  • Lokasi : Prancis
  • Berdiri : 1150

Universitas atau setidaknya beberapa bagiannya bisa jadi berusia jauh lebih tua dari yang telah tertera diatas. Penyebabnya adalah Universitas ini merupakan gabungan dari berbagai Universitas tua lainnya atas perintah dari Paus Nicholas IV.

Selama masa Revolusi Prancis tahun 1793 Universitas ini ditutup untuk sementara waktu dan baru dibuka kembali setelah keadaan menjadi normal. Namun sayangnya hanya fakultas Sains yang selamat.

Untuk mengikuti perubahan zaman, universitas ini didirikan kembali pada tahun 1969 dengan fokus utama pendidikan di sains dan teknologi.

7. Universitas Oxford

  • Lokasi : Inggris
  • Berdiri : 1096

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan universitas ini berdiri tetapi dari bukti-bukti yang ada menunjukkan kalau Universitas Oxford telah beroperasi sejak tahun 1096. Universitas ini mulai mendapatkan kepopulerannya sejak tahun 1167 ketika Henry II melarang siswa Inggris untuk kuliah di Universitas Paris.

Perselisihan yang terjadi antara universitas Cambridge dan Oxford memaksa pihak kerajaan untuk turun tangan menengahinya dengan memberikan pendidikan gratis bagi kedua universitas tersebut ditahun 1820.

Universitas Oxford sempat ditutup dua kali akibat dieksekusinya dua ilmuwan asal Oxford dan akibat kerusuhan Skolastik. Saat ini, Universitas Oxford berada di antara universitas-universitas top dunia yang secara keseluruhan memiliki 38 perguruan tinggi dari berbagai ilmu dan 58 orang alumni yang memenangkan hadiah Nobel.

6. Universitas Paris

  • Lokasi : Prancis
  • Berdiri : 1096

Tanggal pasti pendirian universitas ini juga tidak diketahui secara pasti, namun bisa dipastikan tidak lebih tua dari 1096. Namun saat ini nama universitas ini tidak lagi menggunakan nama Universitas Paris namun sudah dilebur menjadi 13 universitas yang berbeda pada tahun 1970. Saat ini nama universitas ini lebih populer disebut dengan College de Sorbonne.

Universitas ini berada di sekitar Katedral yang terkenal di dunia, Katedral Notre Dame dan memiliki empat departemen utama yaitu Ilmu Pengetahuan, Kedokteran, Hukum dan Teologia.

Universitas ini walau berada di wilayah Prancis namun tidak berada di bawah institusi negara Prancis melainkan dibawah komando gereja dan ini kerap menjadi masalah. Universitas ini sepanjang sejarahnya telah ditutup sebanyak tiga kali yakni pada tahun 1968 ( revolusi kebudayaan ), tahun 1229 dan tahun 1940 karena invasi Jerman.

5. Universitas Bologna 

  • Lokasi : Italia
  • Berdiri : 1088

Universitas ini merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di dunia barat dan inovator terkemuka di bidang pelajaran sampai di mulainya Perang Dunia. Universitas Bologna memiliki sejarah yang luar biasa dan dipandang sebagai langkah resmi dunia barat di bidang institusi pendidikan tinggi.

Hari ini, Universitas Bologna masih tetap eksis dan dipandang sebagai contoh terkemuka pendidikan Eropa dan termasuk diantara 200 sekolah terbaik di dunia yang memiliki 23 sekolah dengan lebih dari 85.000 siswa dari seluruh dunia.

4. Al Nizamiyya of Baghdad

  • Lokasi : Irak
  • Berdiri : 1065

Didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk pada awal abad ke 11, universitas ini merupakan bagian dari rangkaian universitas yang banyak didirikan oleh al-Mulk. Namun diantara banyak universitas lainnya tersebut, Al Nizamiyya of Baghdad tetap menjadi yang paling sukses dan populer.

Universitas ini dikombinasikan untuk menciptakan universitas terbesar dunia dari abad pertengahan. Al-Ghazali yang termasyur itu termasuk satu diantara profesor yang mengajar di tempat ini. Pendidikan yang ada semuanya gratis. Namun semuanya berakhir ketika tahun 1258 Baghdad diserang dan universitas ini dihancurkan.

3. Universitas Al-Azhar 

  • Lokasi : Mesir
  • Berdiri : 970 – 972

Institut tertua di dunia Islam dan hingga kini masih beroperasi ! Universitas ini adalah salah satu pusat pelajaran bahasa Sastra Arab, pusat belajar Islam Sunni dan tentang pelajaran agama Islam. Perpustakaan Al-Azhar dianggap sebagai harta tak ternilai bagi dunia Islam dan saat ini sedang diupayakan untuk dapat diakses secara online.

Universitas ini didirikan pada zaman kekaisaran Fatimiyah di Mesir.

2. Universitas Al – Karaouine 

  • Lokasi : Maroko
  • Berdiri : 859

Universitas tertua kedua di dunia yang hingga kini masih beroperasi. Didirikan oleh Fatima al-Fihri yang pada awal pendiriannya hanya memiliki pelajaran ilmu alam. Barulah pada tahun 1957 ditambahkan ilmu lainnya dalam kurikulum pelajaran di Universitas ini. Pada awalnya seluruh siswa belajar di sebuah mesjid hingga akhirnya berkembang menjadi yang terbesar di benua Afrika.

1.Universitas Nalanda 

  • Lokasi : India
  • Berdiri : 600 SM

Sudah jelas inilah universitas tertua di dunia bahkan saking tuanya universitas ini sudah berdiri sejak Sebelum Masehi. Pada masa keemasannya, Universitas ini memiliki siswa dari seluruh dunia seperti China, Babel, Yunani, dan Suriah. Subjek yang diajarkan meliputi Veda, pelajaran bahasa, tata bahasa, filsafat, kedokteran, operasi dan panahan.

Universitas ini didirikan oleh Sakraditya ( Raja yang memerintah India saat itu ). Universitas ini selain yang tertua dan pertama di dunia juga yang terbesar kala itu. Dikatakan bahwa universitas ini mampu menampung hingga 10.500 siswa. Dan mereka juga benar-benar memperhatikan kualitas para lulusan. Terbukti dari 10 siswa hanya 3 yang mampu lulus dari universitas ini. Para pelajar yang berniat untuk memasuki universitas ini harus memiliki usia minimal 16 tahun

Namun sayangnya, sejarahnya yang panjang tersebut hanya bertahan selama 800 tahun. Universitas ini terus mendapatkan ancaman dan telah tiga kali mengalami penghancuran. Dua penghancuran yang pertama berhasil di perbaiki namun penghancuran yang ketiga menjadi kehancuran permanen setidaknya hingga tahun 2006 ketika pemerintah India mencoba membangun kembali universitas legendaris di dunia ini.